Pengaruh Metode Problem Posing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Revy Silfiana Pratiwi, Rini Asnawati, Tina Yunarti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effect of problem posing method on students mathematical conceptual understanding. The population of this study was all students of grade VII of Junior High School Tri Success Natar in academic of 2016/2017. This research used pretest-posttest control group design. Samples were taken by purposive sampling technique and all students of VII B and VII C class were selected. The quantitative data obtained through conceptual understanding test on line and angle material. The analysis data used Mann-Whitney U test. Based on the result of the research, it can be concluded that the problem posing method did not affect the students' mathematical concept understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem posing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan design pretest-posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan seluruh siswa kelas VII B dan VII C terpilih. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep pada materi garis dan sudut. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode problem posing tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep matematiss, pengaruh, problem posing.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS)dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. (Online), (http://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrxg9NnVt1ZFEkAbYb3RQx.;_ylu=X3oDMTByN2RnanRxBHNlYwNzcgRwb3MDMQRjb2xvA3NnMwR2dGlkAw--/RV=2/RE=1507706599/RO=10/RU=http%3a%2f%2fjurnal.upi.edu%2ffile%2firwan.pdf/RK=1/RS=ifMs7zROd0CpePWfdv6jxoOS2ao-), diakses 11 Oktober 2017.

Nurjanah, Erni. 2015. Efektivitas Metode Problem Posing terhadap Self-Regulated Learning dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMK. Bandung. Jurnal Universitas Pasundan Bandung. (Online), (http://repository.unpas.ac.id/1043/), diakses 24 Januari 2017.

OECD. 2016. Indonesia-OECD Data. (Online), (http://data.oecd.org/ indonesia.htm), diakses 24 maret 2017.

Permendiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.

Rasmiati, Ike, Dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Banjar. Bali: Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. (Online), (https://googleweblight.com/?lite_url=https://ejouunal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1370&ei=fhZS89nv&lc=id-ID&s=1&m=377&host=www.google.co.id&ts=1507680567&sig=ANTY_L2Hc5WD0HBZwvezGObN8yCv_Qa13Q), diakses 24 Januari 2017

Susanti, Eka Lia. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Jurusan Matematika. (Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/255) , diakses 11 Oktober 2017.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timms2015.org/timss-2015/mathematics/student-achievement/ distribution -of-mathematics-achievement/) diakses 18 Desember 2016.

Umam, Khoerul. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Problem Posing dan Metode Ekspositori di SMPN 188 Jakarta Materi Teorema Pythagoras Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiEgLeAlefWAhVPv5QKHR7yCEoQFgg9MAk&url=http%3A%2F%2Fuhamka.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F10%2F1446537406-526b8592e834fcaaccec26a22965ea2b-1.pdf&usg=AOvVaw3u_6KAjcUzbh0X4Q2JVb5K), diakses 11 Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.