Pengaruh Metode Problem Posing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem posing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan design pretest-posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan seluruh siswa kelas VII B dan VII C terpilih. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep pada materi garis dan sudut. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode problem posing tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: pemahaman konsep matematiss, pengaruh, problem posing.Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS)dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. (Online), (http://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrxg9NnVt1ZFEkAbYb3RQx.;_ylu=X3oDMTByN2RnanRxBHNlYwNzcgRwb3MDMQRjb2xvA3NnMwR2dGlkAw--/RV=2/RE=1507706599/RO=10/RU=http%3a%2f%2fjurnal.upi.edu%2ffile%2firwan.pdf/RK=1/RS=ifMs7zROd0CpePWfdv6jxoOS2ao-), diakses 11 Oktober 2017.
Nurjanah, Erni. 2015. Efektivitas Metode Problem Posing terhadap Self-Regulated Learning dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMK. Bandung. Jurnal Universitas Pasundan Bandung. (Online), (http://repository.unpas.ac.id/1043/), diakses 24 Januari 2017.
OECD. 2016. Indonesia-OECD Data. (Online), (http://data.oecd.org/ indonesia.htm), diakses 24 maret 2017.
Permendiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta.
Rasmiati, Ike, Dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Banjar. Bali: Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. (Online), (https://googleweblight.com/?lite_url=https://ejouunal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1370&ei=fhZS89nv&lc=id-ID&s=1&m=377&host=www.google.co.id&ts=1507680567&sig=ANTY_L2Hc5WD0HBZwvezGObN8yCv_Qa13Q), diakses 24 Januari 2017
Susanti, Eka Lia. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Jurusan Matematika. (Online), (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/255) , diakses 11 Oktober 2017.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timms2015.org/timss-2015/mathematics/student-achievement/ distribution -of-mathematics-achievement/) diakses 18 Desember 2016.
Umam, Khoerul. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Problem Posing dan Metode Ekspositori di SMPN 188 Jakarta Materi Teorema Pythagoras Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiEgLeAlefWAhVPv5QKHR7yCEoQFgg9MAk&url=http%3A%2F%2Fuhamka.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2015%2F10%2F1446537406-526b8592e834fcaaccec26a22965ea2b-1.pdf&usg=AOvVaw3u_6KAjcUzbh0X4Q2JVb5K), diakses 11 Oktober 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.