Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model pada Konsep Kubus dan Balok
Abstract
This development research that aimed to produce products form of teaching materials based on Alqurun Teaching Model (ATM), and to find out the effectiveness of implementation of teaching materials products based on ATM on the concept of cubes and beams . The design of this study used the stages of research according with 2 main stages of preliminary, and formative test. The subjects of this research were students of MTs Darul Huda Bandar Lampung in academic year of 2016/2017. The research data was obtained through concept comprehension concept test. Data analysis techniques used t-test and N-Gain. The results of one to one test showsthat ATM based teaching materials are included in either category. The results of data analysis on the field test showed that there is an increase in the ability to understand students concepts an ATM based teaching materials with quite effective category.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis Alqurun Teaching Model (ATM), dan mengetahui efektivitas penerapan produk bahan ajar berbasis ATM pada konsep kubus dan balok. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian dengan 2 tahapan utama yaitu preliminary dan uji formatif. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi MTs Darul Huda Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil uji perorangan menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis ATM termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis data pada uji terbatas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikan bahan ajar berbasis ATM dengan kategori cukup efektif.
Kata kunci : bahan ajar berbasis ATM, pemahaman konsep,kubus dan balok.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Ilma, Ratu. 2013. Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Teori Belajar Kontruktivisme. [Online]. Tersedia http://eprints.unsri.ac.id/3775/1/FULL_PAPER_RATU_ILMA_UNSRI_SENDIMAT_2013.pdf.[10 Agustus 2016].
Sriyanto. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.
Sungkono. 2013 Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. ISBN: 978-602-74581-0.
Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. ISBN No. 979-545-0270-1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.