Efektivitas Pembelajaran Think Talk Write Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Nita Febria, Arnelis Djalil, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of think talk write learning model in terms of students conceptual understanding of mathematics. The population of this research was all grade eight students of Junior High School state of 5 Bandar Lampung in academic year of 2016-2017 which were distributed into 18 classes. The design of this research was posttest only control group design. The sampling was done by purposive sampling technique and it was chosen students of VIII.N and VIII.R class as samples. The research data were obtained by the essay test of conceptual understanding of mathematics. The data analysis of this research used -test. Based on the results of research and discussion, it was concluded that think talk write learning model wasnt effective in terms of students conceptual understanding of mathematics.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran think talk write ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016-2017 yang terdistribusi dalam 18 kelas. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII.N dan VIII.R sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa think talk write tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think talk write


Full Text:

PDF

References


Andara, Titi. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Jakarta: Rineka Pustaka.

Husna, Asmaul. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N Kecamatan Lembah Gumanti. Jurnal Penelitian Matematika Unrika. (Online), Volume 2, No.1, (http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalcahayapendidikan/article/download/602/459), diakses 4 April 2017.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

OECD. 2015. Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf), diakses 18 Oktober 2016.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Permendikbud.

Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendiknas.

Purnamasari, Rita. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Rahma, Ade Novia. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Skripsi. Pekanbaru: Uinsuska. (Online), (http://repository.uin-suska.ac.id/2037/1/2012_201267.pdf), diakses 4 April 2017.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Yang Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Dian Fajar. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Sis-wa Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Bantan Kabupaten Bengkalis. Skripsi. Pekanbaru: Uinsuska.(Online), (http://repository.uin-suska.ac.id/2145/1/2013_2013848PMT.pdf), diakses 5 April 2017.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Wahyuni, Yuyu. 2016. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara. Skripsi. Purwokwerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (Online), (http://repository.ump.ac.id), diakses 5 April 2017.

Wardhani, Resti Ayu. 2016. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.