Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis
Abstract
This research was aimed to produce students worksheet based on guided inquiry and find out its effectiveness towards students mathematical representation ability. The research subject was grade X students in SMK Muhammadiyah 2 Metro in academic year of 2016/2017. The stages of development were research and information collecting, students worksheet prepartion, students worksheet validation, preliminary field testing and main field testing. The data of this research were obtained by observation, interview, questioneirs, and mathematical representation ability test. The material and media expert said that of the students worksheet development was valid. The result of main field testing showed that the students mathematical representation ability that used students worksheet based on guided inquiry more than students mathematical representation ability that didnt use students worksheet. The conclusion of this research was students worksheet based on guided inquiry was effective to increase students mathematical representation ability.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes representasi matematis. Hasil yang diperoleh bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis digunakan menurut siswa. Hasil akhir pada uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Simpulan penelitian ini bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Kata kunci: Kemampuan representasi, LKPD, inkuiri terbimbing.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. Rahmania.2012. Peranan ZPD dan Scaffolding Vygotsky dalam Pendidikan Anak Usia Dini. (Online) (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwigk86ryLfVAhUFp5QKHcrrBLgQFggsMAE&url=http%3A%2F%2Fe-jurnal.stain-sorong.ac.id%2Findex.php%2FAl-Riwayah%2Farticle%2Fdownload%2F100%2F73&usg=AFQjCNHu1YU_lePBB9wD8A2_T_suSJT7tA), diakses 20 Februari 2017.
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Andi Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. [Online]. Jurnal Volume.1 No.1, (http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/12/9), diakses 10 Juni 2017.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi UPI Bandung.
Ibrahim, Muslimin. 2007. Pembelajaran inkuiri. (Online)( http://kpicenter.-org/index.php?option=com_content&task=view&id=37&itemid=4), diakses 20 Maret 2016.
NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Putra. 2011. Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Risnanosanti. 2009. Penggunaan Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Kemampuan Ber-pikir Kreatif Siswa SMA di Kota Bengkulu. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universi-tas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 5 Desember.
Ristanto, Ichal H. 2011. Langkah-Langkah Inkuiri Terbimbing. (Online), (http://sainsedutainment.blogspot.co.id/2011/10/langkah-langkah-inkuiri-terbimbing.html), diakses 27 Januari 2017.
Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pe-nelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.