Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran think pair share ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 296 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Namun, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran think pair share lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Annissawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online), (http://physicsmaster.orgfree.com) diakses 28 Oktober 2016.
Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I) Excellent and Equity in Education. (Online), (http://www.oecd-ilibrary.org), diakses April 2017.
Rianti, Evalia Nova. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
Salam, Reskiwati. 2014. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan. (Online), Vol. 2, No. 2, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/nalar/article/download/1975/954), diakses pada 15 Oktober 2016
Suparni, S. 2013. Pembelajaran Tutor Sebaya Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma (Online). Vol. 1, No. 01, (http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/228/209) diakses pada 15 Agustus 2017
Surfianawati, Marista. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
Suripto, Adi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timms-2015.org/timss2015/mathematics/studentachievement/distribution-of-mathematicsachievement/) diakses Januari 2017.
Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Prosiding Program Bermutu: Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Uprading. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (Online), (http://p4tkmatematika.org.), diakses 12 Januari 2017.
Zahra, Nidya. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.