Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Djakia Ulfah, Pentatito Gunowibowo, Sri Hastuti Noer

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of think pair share learning model in terms of students mathematical communication skill. The population of this research was students of grade VIII in SMP Negeri 24 Bandar Lampung in academic year 2016/2017 as many as 296 students distributed into ten classes. The samples of this research were students of VIII B and VIII D class which were chosen by purposive sampling. This research used pretest-posttest control group design. The instrument of this research was essay test of mathematical communication skill. The data analysis of this research used t-test. Based on the result and discussion, it was concluded that think pair share learning model was not effective in terms of students mathematical communication skills. But, the increasing of students mathematical communication skills which was taught by think pair share learning model was better than conventional learning.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran think pair share ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 296 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Namun, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran think pair share lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think pair share

Full Text:

PDF

References


Annissawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online), (http://physicsmaster.orgfree.com) diakses 28 Oktober 2016.

Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I) Excellent and Equity in Education. (Online), (http://www.oecd-ilibrary.org), diakses April 2017.

Rianti, Evalia Nova. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Salam, Reskiwati. 2014. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan. (Online), Vol. 2, No. 2, (http://ojs.unm.ac.id/index.php/nalar/article/download/1975/954), diakses pada 15 Oktober 2016

Suparni, S. 2013. Pembelajaran Tutor Sebaya Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma (Online). Vol. 1, No. 01, (http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/228/209) diakses pada 15 Agustus 2017

Surfianawati, Marista. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Suripto, Adi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online), (http://timms-2015.org/timss2015/mathematics/studentachievement/distribution-of-mathematicsachievement/) diakses Januari 2017.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Prosiding Program Bermutu: Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Uprading. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (Online), (http://p4tkmatematika.org.), diakses 12 Januari 2017.

Zahra, Nidya. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.