Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan dan Disposisi Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
This research aimed to develop student worksheets learner (LKPD) that was able to reduce the learning obstacle and find out the results of its implementation in terms ofstudentsability and disposition of mathematical concept understanding.TheLearning obstacle meansthatthe learning difficulties experienced by students when studying pythagorean theorem.The subject of this research was VIII class students ofMTs Nurul Ummah in academic years of 2016/2017.Thedata collection techniques used observation, documentation, interviews, questionnaires, and tests. The results showed that theworksheets based guided discovery for pythagorean theorem able to facilitate ofstudents ability and disposition of mathematical concept understanding and reduce the learning obstacles that exist. The analysis of the student's response and findings during implementation used for a basis of further improvement of theworksheets.
Penelitian pengembangan (Research & Development) ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD teorema pythagoras yang mampu mengurangi hambatan belajar dan mengetahui hasil implementasinya ditinjau dari kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Adapun hambatan belajar yang dimaksud adalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada saat mempelajari konsep teorema pythagoras. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing dengan materi teorema pythagoras mampu memfasilitasi kemampuandan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Analisis terhadap respon siswa dan temuan-temuan selama implementasi dijadikan landasan untuk memperbaiki LKPD selanjutnya.
Kata kunci: Pemahaman Konsep, LKPD, Penemuan Terbimbing.
Full Text:
PDFReferences
Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1979. Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Bruner, J. 1990. Acts of Meaning. Cambridge: Havard University Press.
Dahiana, W.O. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Generalisasi Matematis Siswa MTs Melalui Pendekatan Induktif-Deduktif Berbasis Kontruktivisme. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI
Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13, No. 2.
Gagne, R. & Briggs, L.J. 1979.Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinchart and Winstone.
Hasibuan, Haryani. 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA SMAN.1 Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3, No. 1, Hal.38-44.
Herawati, Oktiana D.P. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N.6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1.
Karim, Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Edisi Khusus.No.1. ISSN 1412-565X.
Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta, 17 April 2010
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Suharsono. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Vol.2, No. 3, Hal.278-289. STKIP Siliwangi Bandung.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA-UPI.
Wardani. 2008. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id. [10 Oktober 2016].
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.