Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Modified Jigsaw Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Rais Rasyid, Rini Asnawati, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of modified jigsaw type in terms of students mathematical problem solving skills. The population of this research was all students of grade VII in SMP Negeri 1 Sukoharjo in academic year of 2016/2017 that were distributed into nine classes. The sample was selected one class randomly from nine classes and all students of VII B class were selected. The design which was used was one group pretest-posttest. The analysis data used t-test. The research data were obtained through the test of mathematical problem solving skills. The result of this research indicated that students mathematical problem solving skill after following cooperative learning of modified jigsaw type was not better than student's mathematical problem solving skill before following cooperative learning of modified jigsaw type. Thus, cooperative learning model of modified jigsaw type was not effective in terms of students mathematical problem solving skills.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dipilih satu kelas secara acak dari sembilan kelas dan seluruh siswa kelas VII B terpilih. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Analisis data menggunakan uji-t. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipemodified jigsaw tidak lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe modified jigsaw tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, modified jigsaw, pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

References


Ariyunita, Noraida. 2012. Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online). Tersedia: http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada 24 Juli 2017.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Diana, Lelly. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Dodi, Nofri. 2016. Penerapan Pendekatan Konstruktivistik dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Journal of Educational Studies. (Online). Volume 1, No 2. Tersedia: https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id. Diakses 24 Juli 2017.

Fauji, Tri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Hadi, Sutarto & Radiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online). Volume 2, No 1. Tersedia: http://portalgaruda.org. Diakses 9 Agustus 2017.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Noer, Sri Hastuti & Gunowibowo, Pentatito. 2012. Modified Jigsaw dan Kemampuan Representasi Matematis. Peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Kependidikan Indonesia. UPGRI Palembang: 690.

Nopiyani, Dian. 2013. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurfitriyani, Linda. 2016. Deskripsi Disposisi Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Problem Based Learning. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (Online). Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses pada 1 Agustus 2017.

Permendikbud No. 58 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Sulandri, Eti. 2002. Pengembangan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) pada Mata Kuliah Perancangan Bahan dan Tebal Perkerasan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa Teknik Sipil di Fakultas Teknik. (Laporan Penelitian LIPI). Bandar Lampung: Universitas Tanjung Pura.

Tanjungsari, Retno Dewi. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Unnes Journal of Mathematics Education. (Online). Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/12170/. Diakses pada 25 Juli 2017.

TIMSS. 2016. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online). Tersedia: http://timms2015.org/timss-2015/mathematics/student-achievement/-distribution-of-mathematics-achievement/. Diakses pada 18 Desember 2016.

Widihastuti, Erma. 2016. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Wirasti, Ni Komang. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Denpasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016 Universitas Pendidikan Ganesha. (Online). Tersedia: semnas-fmipa.undiksha.ac.id/uploaded/prosidingsemnasmipa2016.pdf. Diakses pada 1 Agustus 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.