Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Fitri Anita Sari, Sri Hastuti Noer, Caswita Caswita

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of discovery learning towards student's mathematical problem solving skill. The population of this research was all grade eight students of Junior High School state of 9 Metro in academic year of 2016/2017 which were distributed into seven classes. The design of this research was posttest only control group design with purposive sampling technique. The research data were obtained by the essays test of mathematical problem solving skill. The data analysis of this research used t-test. Based on the results of research and discussion, it was concluded that discovery learning didn't affects student's mathematical problem solving skill.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: discovery learning, pemecahan masalah matematis


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Diana, Lely. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Fatmawati, Fitri. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Fitriana, Laila. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe GI dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. [online] https://eprints.uns.ac.id/8621/1/162642708201003351.pdf di-akses pada 4 November 2016.

Gusmania, Yesi & Marlita. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. [online]. Unrika Journal of Mathematics Education Research, ISSN 2301-5314.Diakses di http:// journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/download/467/351 pada 3 November 2016.

Muhammad, Nurdin. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Representasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa. [online]. Uniga Journal of Mathematics Education Research, ISSN 1907-932X. Diakses di http:// journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/83/85 pada 4 November 2016.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Permendikbud

Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Permendiknas.

Rofiqoh, Zeni. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa.Skripsi. Semarang: UNNES.. [online] diakses di dilib.unnes.ac.id /22322/1/4101411053-s.pdf pada 4 November 2016.

Rohani, Suci. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Roya, Michelle. 2014. 10 Charac-teristics of Good Problem Solvers. [Online]. Diakses di: http://www.huffingtonpost.com/royarradmapsyd/problem-solving_b_ 4302935.html. pada 18 Mei 2017.

Sulistiyorini.2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Siswa SMP. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. [Online]. Diakses di http://timms2015.org/timss-201 5/mathematics/studentachieve ment/distribution-of-mathema tics-achievement/ pada 18 Desember 2016.

Yusnani, Heni. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Efficacy Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.