Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM) Pada Konsep Materi Lingkaran

Tisa Oktiania, Sugeng Sutiarso, Undang Rosidin

Abstract


This research is that aims to produce products in the form of teaching materials based ATM, and to know the effectiveness of application of teaching materials products based on ATM on the concept of circle material. The stages of Research & Development were, preliminary (preparation includes preliminary study and instructional design), and formative test (self evaluation, expert review, one to one, small group, field test). The subjects of this research are students of MTsN 1 Lampung Selatan in academic Year 2016/2017 and several expert at every stage of development. The research data was obtained through concept comprehension concept test. The experts review shows that ATM based teaching materials have satisfied of standart the content, media, and language and included good category. The results of data analysis on the field test shows that there is an increasing in the ability to understanding the students concepts after given an ATM based teaching materials with quite category.

Penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis ATM, dan mengetahui efektivitas penerapan produk bahan ajar berbasis ATM pada konsep materi lingkaran. Tahap-tahap penelitian ini, yaitu preliminary (meliputi studi pendahuluan dan pendesainan bahan ajar), dan uji formatif (evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji terbatas). Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa MTsN 1 Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 dan beberapa ahli. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis ATM telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa dengan kategori baik. Hasil analisis data pada uji terbatas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diberikan bahan ajar berbasis ATM dengan kategori cukup efektif.

Kata kunci : bahan ajar berbasis ATM, pemahaman konsep, lingkaran


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Se-kolah Dasar. Jurnal Didaktika.Vol. 2 No. 1 Maret 2007: 216-226.

Ilma, Ratu. 2013. Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Teori Belajar Kontruktivisme. [Online]. Tersedia http://eprints.unsri.ac.id/3775/1/FULL_PAPER_RATU_ILMA_UNSRI_SENDIMAT_2013.pdf.[10 Agustus 2016].

Notoatmodjo,Soekidjo. 2003. Pen-didikan dan Perilaku Ke-sehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nuranisa, R.A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Topik Aljabar dengan Pen-dekatan PMRI untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi. FMIPA UNY.

Sanjaya, Wina. 2006. StrategiPem-belajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Media.

Sriyanto. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA. UPI.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo).Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. ISBN: 978-602-74581-0.

Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Mate-matika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. ISBN No. 979-545-0270-1.

Yamin, Martinis. 2007.Profe-sionalisasi Guru dan Imple-mentasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.