Efektivitas Model Inquiry Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi dan Self Confidence Siswa

Siti Annisa, Haninda Bharata, Pentatito Gunowibowo

Abstract


The aim of this research was to analyze the effectiveness of inquiry learning model in terms of mathematical representation skills and students' self confidence. The population of this research was students of grade VII in SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung in academic year of 2016/2017 that were distributed into seven classes. The samples of this research were students of VII D and VII E classes which were chosen by purposive sampling. The design was pretest-posttest control group design. Data of the research were analyzed using t-test. Based on the result of the research, it was concluded that inquiry learning model was not effective in terms of mathematical representation skills and students self confidence but the improvement of students mathematical representatition skills which following inquiry learning model was better than conventional learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model inquiry learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Al-Azhar 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII D dan VII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model inquiry learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa, akan tetapi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model inquiry learninglebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, self confidence, inquiry learning


Full Text:

PDF

References


Hamdalah, Mila Alifia. 2016. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Dan Self Confidence Siswa. Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Hudiono, Bambang. 2010. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi Pada Siswa SLTP. Disertasi UPI. (Online), (http://repo sitory.upi.edu), diakses 17 Mei 2016.

Mullis, Ina V.S., Michael O. Martin, dan Pierre Foy. 2012. TIMSS 2011 Internasional Result In Mathematics. (Online). (http ://timssandpirls.bc.edu), diakses 15 Oktober 2016.

NCTM (National Council of Teacher of Mathematics). 2000. Principles And Standards For School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. Pisa 2015 Result in Focus. (Online), (http://oecd.org), diakses 26 Februari 2017.

Rijal, Syamsur. 2016. Efektivitas Pembelajaran Matematika Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Bruner. Prosiding Seminar Nasional UNCP. (Online), Vol 2, No. 1, (http://journal.uncp.ac.id), diakses 23 Maret 2017.

Suliyanto. 2011. Perbedaan Pandangan Skala Likert sebagai Skala Ordinal atau Skala Interval. Prosiding Seminar Nasional Universitas Diponegoro 2011. (Online), (http://eprints.undip. ac.id/), diakses 16 Maret 2017.

Suhendri, Huri. 2012. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Suryana, Andri. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking). Prosiding seminar nasional. ISBN: 978-979-16353-8-7

Suryaningrat, Eko Fajar. 2014. Peningkatan Kemampuan Penalaran, Representasi, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Negeri Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis tidak diterbitkan. (Online), (http://repository.upi.edu), diakses 18 Juni 2017.

Sutisna, Cucu. 2010. Peningkatan kepercayaan diri siswa melalui strategi layanan bimbingan kelompok. Tesis tidak diterbitkan. (Online), (http://reposito ry.upi.edu), diakses 23 Maret 2017.

Wahyuni, Sri. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Inkuiri Siswa Kelas IV SD Kristen 1 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan, Bandarlampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

Zuriyani, Elsi. 2010. Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal of Widiyaiswara BDK Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.