Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of problem based learning of students mathematical representation skill. The population of research was all students of grade 8thof SMP Negeri 1 Negeri Agung in academic year of 2016/2017 that was distributed into three classes. The samples of this research were students of VIII A and VIII B classes which were chosen by cluster random sampling This research used pretest-posttest control group design. The research data were obtained by test of mathematical representation skill. Analysis data of research used Mann-Whitney U test. The result of research analysis showed that the problem based learning affects the students mathematical representation skill.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negeri Agung tahun ajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Analisis data penelitian menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pengaruh, representasi matematis
Full Text:
PDFReferences
Alhadad, Syarifah Fadillah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multiple Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Disertasi UPI. (Online), (http:// repository. upi.edu), diakses 3 November 2016.
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol.16 No. 1. (Online), (http://downloadportalgaruda.org/download_ verification.php), diakses 20 Mei 2017.
Fauji, Tri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Himmah, Nurul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Self Efficacy Siswa. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Kemdikbud. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online), (http://kbbi.kemdikbud.go.id), diakses 20 Mei 2017.
Ramziah, Siti. 2016. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. (Online) Vol 2 No 1. (http: //jurnalmtk.stkipgarut.ac.id), diakses 20 Mei 2017.
Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar 1945.
Sabirin, Muhammad. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Dan Representasi Matematis Siswa SMP. Thesis UPI. (Online), (http://repository.upi.edu), diakses 17 Maret 2017.
Sari, Intan Permata. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Belief Siswa. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Sudiyasa, I Wayan. 2014. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung (Online) Vol. I Hlm. 157-160, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/Prosiding15Januari2014.pdf), diakses 23 November 2016.
Ulum, Azis Fahrul. 2016. Efektivitas Problem Base Learning ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.