Efektivitas Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis

Shinta Khairunisa Furqoni, Haninda Bharata, Caswita Caswita

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectivity of contextual approach in terms of students mathematical communication skill. The population of this research was all seventh grade students of SMP Negeri 3 Metro in Academic Year 2016/2017 distributed into nine classes. The samples of this research were students of VII A and VII B classes which were choosen by cluster random sampling. This research used pretest-postest control group design. The instrument of this research was essay test of mathematical communication skill. The data analysis of this research used t-test. Based on the result of this research and discussion, it was concluded that contextual approach was effective in terms of students mathematical communication skill.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 288 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk essay. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, pendekatan kontekstual


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, Nina. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Me-ningkatkan Kemampuan Ko-munikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Juru-san Pendidikan Matematika FMIPA UNY. (Online), http://eprints.uny.ac.id/7389/, diakses 14 Oktober 2016.

Ardiyanto, Doni Setiyo. 2013.Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Problem Solving Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pada tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY. (Online), http://eprints.uny.ac. id/10746/1/P%20-%2023.pdf, diakses 2 Desember 2016.

Fauziah, Anna. 2016. Desain Soal Matematika Tipe PISA pada Konten Uncertainty and Data untuk Mengetahui Kemampuan Argumentasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016 FKIP Universitas Sriwijaya 21 Oktober 2016. (Online), http://eprints.unsri.ac.id./6918/, diakses 15 Januari 2017.

Febrinal, Dian. 2016. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Ma-tematis Melalui Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas VIII Smp 44 Sijunjung. Jurnal Kepemimpinan dan Pe-ngurusan Sekolah. Volume I, Nomor 2. (Online), https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/download/10/32, diakses 27 Maret 2017.

Fraenkel, Wallen, dan Hyun. 2012. How to Design Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill inc.

Izzati, N,.& Didi, S. 2011. Komunikasi Matematik Dan Pendidikan Matematika Realistik.Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Mate-matika dan Pendidikan Matematika UNY. (Online), https://bundaiza.files.wordpress.com/2012/12/komunikasi_matematik_dan_pmr-prosiding.pdf, diakses 14 Oktober 2016.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud

Komalasari, Kokom. 2013. Pembela-jaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Organisation for Economic Cooperation and Development. 2015. PISA 2015: Assesment and A-nalitical Framework. (Online), http://www.oecd.org/publications/pisa-2015-assessment-and-analytical-framework-9789264255425-en.htm, diakses 15 Januari 2017.

Organisation for Economic Cooperation and Development. 2016. PISA 2015 Result (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online), http://www.oecd-ilibrary.org/ education/pisa-2015-results-volume-i_9789264266490-en, diakses 18 Desember 2016.

Sugandi, Asep Ikin. 2015. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Siswa SMA.Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. (Online), http://seminar. uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-66.pdf, diakses 28Maret 2017.

Suherman, E., Turmudi, Didi S., Tatang H., Suhendra, Sufyani P., Nurjanah, & Ade R. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sulthani, N. A. Zavy. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler Kelas X Sma Panjura Malang Pada Materi Logika Matematika. Jurnal Jurusan Matematika Fa-kultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, Volume 1, No-mor 1.(Online), http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelF7D6561652A79A236FA8430D564300DA.pdf, diakses 15 Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.