Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Rifki Amalia, Sugeng Sutiarso, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research was intended to find out the effectiveness of Alqurun Teaching Model (ATM) learning in terms of students understanding mathematical concept ability. The design of this research was posttest only control design. The populations of this research were all students of IX class at SMP IT Ar-Raihan Bandarlampung in academic year 2016/2017. The samples of the research were the students of class IX C and IX D that determined by purposive sampling technique. The data of the research was obtained through the best in form of description test. Based on the results of hypothesis testing using Mann Whitney U test, it showed that the Alqurun Teaching Model (ATM) was not effective in terms of students understanding mathematical concept ability. However in classes that used ATM learning, the students understanding mathematical concept ability was increased from previous learning.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Alqurun Teaching Model (ATM) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP IT Ar- Raihan Bandarlampung tahun pelajaran 2016/ 2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX C dan IX D yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes berupa tes uraian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U, menunjukkan bahwa pembelajaran Alqurun Teaching Model (ATM) tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pada kelas yang menggunakan pembelajaran ATM, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari pembelajaran sebelumnya.


Kata kunci: Efektivitas, Pemahaman Konsep Matematis, Alqurun Teaching Model.


Full Text:

PDF

References


Ariyunita, Noraida. 2012. Analisis Kesalahan Dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan. Dalam Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/21133/18/NASKAHPUBLIKASI.pdf), diakses 11 Maret 2017.

Hardianto. 2011. Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran. (Online), Vol.7, No. 1, 108-121 (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Studi%20Tentang%20Minat%20Baca%20Mahasiswa%20FIP%20UNY_0.pdf.), diakses 25 Maret 2017.

Herawati. 2010. Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80. (Online), (http://eprints.unsri.ac.id/836/1/5_okti_70-80.pdf), diakses 31 Mei 2017.

Mullis, Ina V. S., Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics. (Online), (http://timssandpirls.bc.edu), diakses 21 September 2016.

OECD. 2013. PISA 2012 Result In Focus. (Online),

(http://www.oecd.org/), diakses 21 September 2016.

OECD. 2015. PISA 2015 Result In Focus. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/pisa2015resultsinfocus.pdf), diakses 21 September 2016.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspendik.kemendikbud.go.id/seminar/upload/RahmawatiSeminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf), diakses 15 April 2017.

Rasyid, Abd. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Poso. Dalam e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3, Nomor 1, Januari 2015 hlm 61-68. (Online), (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/download/4154/3091.pdf), diakses 13 Maret 2017.

Siagian. 2015. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). (Online), (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/93/90), diakses 18 Februari 2017.

Situmorang. 2014. Desain Model Pembelajaran Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Konsep Mahasiswa Semester Tiga Jurusan Pendidikan Matematika FKIP-UHN Medan. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN. (Online), Volume 1(1), Nomor 1-9, (http://akademik.uhn.ac.id/portal/public_html/JurnalSuluhPendidikan/Volume%201%20Edisi%201/01_Editorial.pdf.), diakses 21 September 2016.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Dalam Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science, & Education National Conference (MSENCo), UIN Raden Intan Lampung, Bandarlampung, 15 April.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanjungsari, Retno Dewi. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Dalam Unnes Journal of Mathematics Education. (Online), Volume 01. Nomor. 01, (http://journal. unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/download/260/306.pdf), diakses 20 Maret 2017.

Yuliani. 2013. Hubungan antara Lingkungan Sosial dengan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Madinatul Ilmi Islamiyah. SPEKTRUM PLS, 1(2). (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100561&val=1487), diakses 25 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.