Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together

Dewi Hayanti, Rini Asnawati, Arnelis Jalil

Abstract


This study is a classroom action research that aims to improve the mathematical concepts understanding of class IX B Junior High School of Budi Karya Natar using cooperative learning model type Numbered Heads Together. Research carried out in two cycles, each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. Data collection technique used test and observation at student of class IX B with total 24 people. The result showed that in the first cycle students tend to be passive. mathematical concepts understanding of students is relative low, although students conceptual understanding is better than previous learning. In the second cycle, students conceptual understanding is better than in cycle I. While the percentage of students who understand about the concept more than 70%, this is the case in cycle II students are more active and help each other in the learning process. The concluded that the application of cooperative learning model type NHT can improve understanding mathematical concepts of students.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX B SMP Budi Karya Natar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengamatan pada siswa kelas IX B sejumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa cenderung pasif. Pemahaman konsep matematis siswa rendah, meskipun pemahaman konsep siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Pada siklus II pemahaman konsep siswa lebih baik dibandingkan pada siklus I. Sedangkan prosentase siswa yang memahami konsep lebih dari 70%, hal ini disebabkan pada siklus II siswa lebih aktif dan saling bekerjasama dalam pemecahan masalah saat belajar. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: Kooperatif, Numbered Heads Together, Pemahaman Konsep Matematis.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2009. Pembelajaran Ber-basis Kontekstual 1. Jakarta. Depdiknas.

Atmono. 2009. Manajemen Pening-katan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembela- jaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Kagan. 2007. NHT, (Online),

(http://www.eazhull.org.uk/nlc/numbered_heads.html), diakses 25 Januari 2011.

Kagen. 1993. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta. Erlangga.

Kisworo. 2006. Kelebihan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. (Online), (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2254465beberapa-manfaat-model-pembelajaran-kooperatif/html), diakses 3 Februari 2017.

Kusdartiana, Lyly. 2013. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan

Matematika, 2(1): 56-61. Universitas Lampung.

Lie, 2008. Cooperative Learning. Jakarta. PT. Grasindo.

Putra, Erlangga. 2012. Hasil Belajar Matematika dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together disertai LKS Berbasis Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 60-65. Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.