Pengaruh Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Afria Wulandari, Caswita Caswita, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of cooperative learning of CORE type towards students mathematical concepts. The population of this research was all grade seven students of Junior High School state of 9 Metro in academic year of 2016/2017as amount as 217 students which were distributed into seven classes. The samples of this research were students of VII F and VII G class that were determined by purposive sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. Data of this research used t test. The instrument of this research was essay test of mathematical concepts. Based on the research and discussion, it was concluded that cooperative learning of CORE type did not influence towards students mathematical concepts.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe CORE terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 217 siswa yang ter-distribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Instrumen penelitian berupa soal tes pemahaman konsep yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CORE berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.


Kata kunci: connecting organizing reflecting extending, pemahaman konsep matematis, pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Alam, Burhan Iskandar. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN 978-979-16353-7-8. (online), (http://respository.upi.edu) diakses 27 Sep tember 2016.

Arikunto, S.2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Kencana.

Azizah, L., Mariani S, & Rochmad. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuansa Kontrukstivistik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), ISSN 2252-6455. (online), (http://journal.unnes.ac.id) diakses 20 September 2016.

Depdiknas. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.

Mayasari. 2015. Pengaruh Model pembelajaran CORE terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. Skripsi. Lampung: Unila. Tdak diterbitkan.

Miller, Roxanne Greitz & Robert C. Calfee. 2004. Making Thinking Visible: A Methode to Encourage Science Writing In Upper Elementary Grade. Education Faculty Articles and Research. Chapman University. (online), (http://digitalcommons.chapman.edu/education_articles) diakses 15 Oktober 2016.

Mufidah, Arum Dahlia. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan.

Mullis, Ina V. S., Michael O. Martin, Pierre Foy, dan Alka Arora. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. TIMSS and PIRLS International Study Center : Boston College. (online),(http://timssandpirls.bc.edu) diakses 29 September 2016.

Putri, Agata Intan. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Lampung: Unila. Tidak diterbitkan.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. Makalah disajikan dalam Seminar Hasil Kebijakan 14 Desember. (online),(http://puspendik.kemdikbud.go.id) diakses 20 Maret 2017

Relawati dan Nurasni. 2016. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE dan Pembelajaran Langsung pada Siswa. Jurnal. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. (online), Volume 2, No 2, Oktober 2016, P-ISSN: 2443-1435, E-ISSN: 2528-4290. (http://ojs.ejour nal.id) 20 April 2017.

Subarjo, M. Pradana., I Wayan Romi Sudhita, dan I Made Suarjana. 2014. Pengaruh model CORE terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V di gugus I NAkula Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. MIMBAR PGSD 2014 (online). Volume 2 No 1. (http://ejournal.undiksha.ac.id) diakses 20 April 2017

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yuniarti, Santi. 2013. Pengaruh Model CORE Berbasis Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa. Jurnal Matematika. (online), (http://publikasi.stkip siliwangi.ac.id) diakses 09 Mei 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.