Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Yuli Artanto, Arnelis Jalil, Tina Yunarti

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of problem based learning model in terms of students mathematical communications skill. This research used posttest only control group design. The population of this research was all eighth grade students in SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in academic year of 2016/2017 which were distributed into 8 classes. The samples of this research were students of VIII-C and VIII-D classes which were chosen by purposive sampling. The research data were obtained by students mathematical communications skill test. Analysis data of this research used t-test and proportion test. Based on the result and discussion of this research, it was concluded that the problem based learning model was effective in terms of students mathematical communications skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, pembelajaran berbasis masalah.

Full Text:

PDF

References


Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.(Online),(http://jurnal.upi.edu/file/8Fachrurazi.pdf.) diakses 19 November 2016.

Khassanah, U, 2015. Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Jurnal UMS. Vol 1 No.9 (Online) (http://eprints.ums.ac.id/32806/20/10.%20ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf) diakses 18 oktober 2016.

Lidinillah, D. A. M. 2009. Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Bandung.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, & Arora, A. (2012). TIMMS 2011 International Result In Mathematics. (Online). (https: //timss.bc.edu/timss2011/downloads/t11_ir_mathematics_fillbook.pdf) diakses 7 oktober 2016.

Mutiasari, Dewi. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sen-dangagung Lampung Tengah Semester Genap Tahun Pela-jaran 2015/2016). Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nurlaelah, E. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar yang Berbasis Program Komputer dan Tugas Resitasi untuk Meningkatkan Kreativitas dan Daya Matematik Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA. (Online), Volume 14, No.2,(http://journal.fpmipa.upi.edu), diakses 20 Februari 2017.

OECD. 2016. Indonesia OECD Data. (Online), (http://data.oecd.org /indonesia.htm.), diakses 10 Oktober 2016.

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Volume 2, No.1, (http://journal.unsika.ac.id/), diakses 21 Maret 2017).

Ramellan, P. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 1, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 23 Maret 2017.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

Triana, Mella. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masaah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept. Skripsi diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.