Pengembangan LKPD Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Lilik Robi'atun, Sri Hastuti Noer, Haninda Bharata

Abstract


This study was aimed to determine the development process and result of worksheet students problem based learning as well as its effectiveness against critical mathematical thinking ability of students. The research was initiated preliminary studies, preparation of worksheet students, worksheet students validation, initial field testing, and field testing. The subjects were students of class VIII SMP Minhajuth Thullab Integral Way Jepara East Lampung in academic year 2016/2017. Data were obtained through mathematical test of critical thinking. Effectiveness test conducted to determine the effect of worksheet students problem based learning against mathematical students' critical thinking skills. Results of preliminary studies indicated worksheet students development needs. Preparation of worksheet students was done with drafting worksheet students by drafting guidelines worksheet students the Ministry of Education, 2004. The test results demonstrate the effectiveness of using worksheet students student has met the minimum completeness criteria in a mathematical critical thinking skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran berbasis masalah serta efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Integral Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes berpikir kritis matematis. Uji efektivitas dilakukan untuk mengetahui pengaruh LKPD pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya LKPD. Penyusunan LKPD dilakukan dengan menyusun draft LKPD berdasarkan panduan penyusunan LKPD dari Depdiknas 2008. Hasil uji efektivitas penggunaan LKPD menunjukkan siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dalam kemampuan berpikir kritis matematis.

Kata kunci : berpikir kritis, LKPD, Pembelajaran Berbasis Masalah.


Full Text:

PDF

References


Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011 ISSN 1412-565X https://www.google.com/url? [ 11 Oktober 2016]

Facione, A.P. 1994. Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. California Academia Press, San Francisco. [Online]. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Volume 4, No.1. [Online}. Tersedia: http://www.hraljournal.com. [16 Juni 2015]

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar.

Herman,Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EDUCATIONIST No. I Vol. I Januari 2007 [Online] Tersedia di : https://www.google.com/search? [ 14 Desember 2016]

Ismaimuza, Dasa. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Sikap Siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika volume 4.no.1 juni 2010 [Online] Tersedia di : https://www.google.com/search? [ 20 Desember 2016]

Liberna. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif, 2 (3), Hal 192 . https://www.google.com/search? [ 12 November 2016 ]

Permana,Y. & Sumarmo,U . 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. EDUCATIONIST Vol. I No. 2/Juli 2007 https://www.google.com/url [ 12 November 2016]

Sadia, I W. 2008. Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 41(2): 219-238.

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, Vol.1 no.1 Available at: http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1002

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Wulandari, Bekti, Herman Dwi Surjono. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. (Online). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, Juni 2013 . Tersedia di https://www.google.com/url? [ 10 Oktober 2016]

Zetriuslita, Rezi Ariawan, Hayatun Nufus. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. (Online). Infinity, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol.5,No.1 Februari 2016. ( 5 November 2016). Tersedia dihttp://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/193 [ 20 oktober 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.