Efektivitas Model Inquiry Based Learning ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa
Abstract
This quasi experimen research aimed to find out the effectiveness of Inquiry Based Learning model in terms of student's critical thinking skills. The population of this study is all students of class VIII SMPN 23 Bandar Lampung academic year 2016/2017. The samples of this research were students of VIII-C and VIII-E classes which were chosen by purposive random sampling. Instruments used in research is test instruments. This research used pretest-posttest control group design. Analysis data of this research using t-test. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation model of Inquiry based Learning wasnt effective in terms of students critical thinking skill but it was better than conventional learning.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Inquiry Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 23 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-E yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model Inquiry based Learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa tetapi lebih baik dibandingkan dengan pem-belajaran konvensional.
Kata kunci: Efektivitas, Inquiry Based Learning, Kemampuaan Berpikir Kritis
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Al-fabeta.
BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Dapartemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2006.: UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas. Jakarta.
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Evi. 2014. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP di Provinsi Gorontalo Melalui Penerapan Model Inquiry Learning Menggunakan Tugas Bentuk Seperitem. Hasil Penelitian Hibah Universitas Negeri Gorontalo 2014. (Online),(repository.ung.ac.id), diakses 17 Februari 2017
Fitria. 2014. Keefektifan Model Guided Inquiry Learning Bernuansa Multiple Intel-ligences untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang. (Online). Vol. 1 No. 2, (Digilib.unimus.ac.id), diakses 31 Oktober 2016
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMP/MI. Jakarta: Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
National Research Council. 1989. Recommended Dietay Allow. Tenth edition. (online) (http://digilib.upi.edu/administrator/full text/d-ipa 029778-tatang-herman-bibliography.pdf), diakses 31 Oktober 2016.
OECD. 2013. PISA 2015 Result: Ready to Learn Students Engagement and Self-Beliefs Volume III. Paris: PISA, OECD Publishing.
Simanjuntak.1993. Pengertian Metode pembelajaran. Jakarta: Pustaka Utama. (online), vol.2 (http://reposi-tory.upi. Edu/20-1/9/s_PRS_08-03074_ BIBLIOGRAPY.Pdf), dikses 1 mei 2017
Rochaminah, S. Penggunaan Me-tode Penemuan untuk Mening-katkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Keguruan. (online), volume 3 (http://www.puslitjaknov.org/data/file/2008/makalah_peserta/07_Sutji%20Rochaminah_Pengunaan%20Metod20Penemuan%20untuk%20meningkatkan%20kemampuan.pdf), diakses 25 Januari 2017
Siska. 2015. Efektivitas model Inquiry learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dan kemampuan awal matematika siswa. (Online) Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lam-pung Vol. 3 No. 5 Hal. 1-11. (digilib.unila.ac.id), diakses 17 februari 2017.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardhani, Sri dkk. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Pen-jaminan Mutu Pendidikan.(Online),(http://p4tkmatematika.org) diakses 31 Oktober 2017
Wijaya, Herry. 2010. Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan logika berpikir matematika siswa SMA N 1 Muara enim. Universitas Sriwijaya: Program pascasarjana palembang
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.