Pengembangan LKPD Berbasis Multiple Intellegences untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Dwi Sumarno, Caswita Caswita, Suharsono Suharsono

Abstract


The purpose of this research is to develop students worksheet based on multiple intellegences that is valid, practice and effective to improve students mathematical communication ability. This research follows Borg and Gall research. Data collection techniques in this research used are validation expert, the respons of students and mathematical communication ability test. The subject of research is students at the first semester of the 8th class at MTs N 4 Lampung Selatan in 2016/2017. Based on the analysis of data validation shows that the students worksheet by instructional design expert, material experts and students worksheet have good results. The respons of students over the students worksheet are easy to used and very interesting. The results obtained showes that the worksheets developed by learners can improve communication skills of learners based on minimum criteria of mastery learning and mathematical communication ability test. The results show that students worksheet based on multiple intellegences are valid, practice and effective to improve students mathematical communication ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligences yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengikuti prosedur penelitian pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah validasi ahli, respon peserta didik dan tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil MTs N 4 Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data validasi LKPD oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki validitas yang baik. Respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat baik yaitu sangat menarik dan mudah digunakan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dilihat dari pencapaian KKM dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligences yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, LKPD, Multiple intelligences



Full Text:

PDF

References


Armiati. 2009. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika UNPAR. Bandung

Armstrong, Thomas. 2009. Sekolahnya Para Juara. Bandung: Mizan Media Utama.

Chatib, Munif. 2013. Sekolahnya Manusia. Bandung: KAIFA

Darmodjo, Hendro dan Kaligis, Jenny R. E. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengem-bangan Bahan Ajar. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Djamarah, Saiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Fannie, Rizky Dezricha. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain)[online]. Jurnal Sainmatika Vol 8, No.1

Hidayati, P. 2013. Penerapan Model Pembeelajaran Knisley untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: UPI

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Ramellan, Purnama. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interkaktif. [online] Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1, available :http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1175/867

Samsudin, Mohd Ali. Haniza, Noor Hasyimah. Abdul-Talib, Corrienna dan Ibrahim, Hayani Marlia Mhd. 2015. The Relationship between Multiple Intelligences with Preferred Science Teaching and Science Process Skills. Journal of Education and Learning. Vol. 9(1) pp. 53-59. [Online]. (http://www.ccsenet.org/ journal/index.php/jel), diakses 21 Desember 2015

Sanjaya, Wina. 2011 Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Grup.

Jakarta

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. (Online), (http://www.infokursus.net/searchunduh.php?term=Metode+Penelitian+Pengembangan&x=15&y=8), diakses 25 Oktober 2015.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka

Van de Walle, John A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga

Widjajanti, D. B. 2012. Teori Kecerdasan Majemuk: Apa dan Bagaimana Mengaplikasikan-nya dalam Pembelajaran Matematika. (Online), (http://dokumen.tips/documents/djamilah-bondan-widjajanti-makalah-djamilah-semnas-juli-2012.html#), diakses 21 Desember 2015.

Yalmanci, Sibel Gurbuzo?lu. Can Gozum, Ali ?brahim. 2013 ,The Effects Of Multiple Intelligence Theory Based Teaching On Students Achievement And Retention Of Knowledge (Example Of The Enzymes Subject)[online]. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, Volume 4, No.3 Available: http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/04.yalmanci.pdf

Zainab. 2011. Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. [Online] Tersedia: https://fr.scribd.com/doc/312117523/komunikasi-matematika [7 Desember 2015]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.