Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of the cooperative type Think Talk Write in terms of studentsconceptual understanding of mathematics. The population of this research was all students of grade seventh in Junior High School 2 Seputih Mataram in academic year of 2016/2017 that were distributed into 7 classes. The samples of this research were students of VII-A and VII-D class which were chosen by purposive sampling. This research used posttest only control group design. Analysis data of the research used t-test. Based on the result of this research, it was concluded that think talk write wasnt effective in terms of studentsconceptual understanding of mathematics.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Seputih Mataram tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think talk write
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional : Surabaya.
Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Cetakan Ke-3. Bandung: Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huinker, D. dan Laughlin, C. 1996. Talk Your Way into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 year book. The National Council of Teachers of Mathematics.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dan NHT . Jurnal Pengajaran MIPA. (Online), Volume 3, No. 2, (http://id.portalgaruda.org), diakses 29 Maret 2017.
Mullis, Ina V.S et al. 2012. TIMSS 2011 Internasional Results In Mathematics. (Online).(http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_Full Book.pdf.), diakses pada 29 Oktober 2016).
Patmawati. 2015. Efektivitas Penerapan Strategi TTW dalam Pembelajaran Matematika di-tinjau dari Gaya Belajar siswa. Journal of EST. (Online), Volume 1, No. 2, (http:// oaji.net/articles.), diakses 29 Maret 2017.
Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika di Sekolah dan Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Permendiknas
PISA Indonesia. 2013. What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, Reading, and Science.-(online). (www.oecd.org/pisa/keyfindings/PISA-2012-result-snapshot-Volume-I ENG.pdf.), diakses 29 Oktober 2016.
Sasmita, Dewi. 2010. Efektifitas Model Pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudjana. 2009. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.
Sufi, Laili Fauziah. 2015. Perbandingan Pemahaman Konsep Matematis Antara Model Kooperatif Tipe TTW dan NHT. Jurnal Pengajaran MIPA, diakses 29 Maret 2017.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wicaksono. 2011. Efektivitas Pembelajaran. (Online). (http://agung.smkn1pml.sch.id.), diakses pada 27 Maret 2017.
Yamin, Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya dan Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.