Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Purnama Dewi, Rini Asnawati, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This research aimed to find out the improvement of students mathematical communication ability through REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) learning strategy. The population of this research was all students of grade 7th of SMP Negeri 9 Metro in academic year of 2016/2017 which was distributed into 7 classes. The samples of this research were students of VII-1 and VII-2 class which were taken by purposive random sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The research data were obtained by mathematical communication ability test. Analysis data of this research used t-test. Based on the result of research, it can be concluded that REACT learning strategy can increase the students mathematical communication ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Metro tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Desain dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: Pembelajaran dengan strategi REACT, Komunikasi Matematis


Full Text:

PDF

References


Arifin, A.T. 2014. Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano Jurusan Matematika FMIPA UNNES. (Online), Volume 5, No. 1, (http://journal.unnes.ac.id/), diakses 15 Maret 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2011 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlina, S. 2012. Efektivitas Strategi React Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam . (Online), Volume 17, No.1, (http://journal.fpmipa.upi.edu/)diakses 15 Maret 2017.

Karima, F. 2015. Penerapan Model Pembelajaran MEA dan REACT pada Materi Reaksi Redoks Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Semarang. (Online), Volume 9, No.1, (http://www.e-jurnal.com/), diakses 23 Maret 2017.

Marthen, T. 2014. Pembelajaran Melalui Pendekatan REACT Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. (Online), Volume 10 No. 2, (http://jurnal.upi.edu/), diakses 24 Maret 2017.

Nurlaelah, E. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar yang Berbasis Program Komputer dan Tugas Resitasi untuk Meningkatkan Kreativitas dan Daya Matematik Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA. (Online), Volume 14, No. 2, (http://journal.fpmipa.upi.edu) , diakses 20 Februari 2017.

OECD. 2015. PISA Assessment and Analytical Framework: Mathe-matics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD. [Online]. (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-resultsinfocus.pdf), diakses 20 Februari 2017)

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Volume 2, No.1, (http://journal.unsika.ac.id/), diakses 21 Maret 2017)

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online). (http://puspendik.kemdikbud. go.id), diakses 20 Februari 2017).

Ramellan, P. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 1, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 23 Maret 2017.

Riyanto, I.A. 2014. Penerapan Srategi Pembelajaran React Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. (Online). Volume 3, No. 2, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/) diakses 23 Maret 2017

Rosalin, E. 2008. Guru dalam Meningkatkan Daya Pikir Siswa. Jurnal Pengajaran Manajemen Pendidikan. (Online), Volume 4 No. 1, (http://journal.uny.ac.id/), diakses 23 Februari 2017.

Son, L.A. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Gema Wiralodra. (Online), Volume 7 No. 1, (http://ejournal.unwir.ac.id/), diakses 23 Maret 2017.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, W. 2016. Penerapan Metode Latihan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Limit Fungsi di Kelas XI IPA SMA Alkhairat Kalukubula. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Volume 3, No. 3, (http://jurnal.untan.ac.id/), diakses 23 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.