Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Alqurun Teaching Model pada Materi Teorema Phytagoras
Abstract
The purpose of this research are to develop of teaching materials based on Alqurun Teaching Model (ATM) on Pythagoras theorem materials and to know the effectiveness of teaching materials based on Alqurun Teaching Model on Pythagoras theorem material. This research is a development research which adapt research development model from Borg and Gall. Procedure in this study is research and informating collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, and operational field testing. The charactheristics of teaching materials based on ATM on Pythagoras theorem included ATM syntax, acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, and name. Validation of the product development is carried out by experts of material, media, and language. Subject reader test of trial are 10 students of class VIII.4 in SMPN 1 Talangpadang. The field trial conducted are 34 students of class VIII.3 in SMPN 1 Talangpadang. The result of teaching materials ATM effectiveness could be seen from the level of completeness posttest result of the student who showed that of the 34 students there are 26 students (76%) who reached KKM.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Alqurun Teaching Model (ATM) pada materi teorema Pythagoras dan mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ATM pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg dan Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan, meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk pertama, uji coba terbatas, revisi produk kedua, dan uji lapangan. Karakteristik bahan ajar berbasis ATM pada materi teorema Pythagoras dikembangkan berdasarkan sintaks ATM, yaitu acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, dan name. Validasi produk pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Bertindak sebagai subjek uji coba terbatas adalah 10 siswa kelas VIII.4, sedangkan subjek uji coba lapangan adalah 34 siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Talangpadang. Hasil uji efektivitas terhadap penggunaan bahan ajar berbasis ATM ditinjau dari ketuntasan hasil posttest siswa menunjukkan bahwa dari 34 siswa yang mengikuti tes terdapat 26 siswa (76%) yang berhasil mencapai KKM.
Kata Kunci : ATM, Teorema Pythagoras, Bahan Ajar
Full Text:
PDFReferences
Borg & Gall. 2003. Educational Research. New York: Allyn and Bacon.
Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dharma, Surya. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas RI.
Fitriyani, W., dan Sugiman. 2014. Pengembangan Perangkat Teorema Pythagoras dengan Pendekatan IDEAL Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2), November 2014. ISSN: 2356-2684.
Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mardapi, Djemari. 2004. Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.
Priyanto, A., Suharto, dan Trapsilasiwi, D. 2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri Jember. Artikel Penelitian Mahasiswa, 2015 I (1): 1-5.
Robbiana, D. F. 2015. Identifikasi Learning Obstacle Terkait Kemampuan Problem Solving pada Konsep Teorema Pythagoras Pembelajaran Matematika SMP. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret 2015. ISBN: 978-602-7048-61-4.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Soppeng, Syarif. 2009. Model Pembelajaran Investigasi Pembelajaran. (Online). (http://www.Syarif-Soppeng.blogspot.com), diakses 29 Agustus 2016.
Sungkono. 2003. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.
Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (ALQURAN Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo). ISBN: 978-602-74581-0-9.
Warih, P. D., Parta, I. N., dan Rahardjo, S. 2016. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta. ISBN: 2502-6526.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.