PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

I Wayan Agus Setiawan, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to find out the influence of problem based learning on students mathematical representation skill. The population of this research was all students of grade 8thof SMP N 1 Seputih Mataram in academic year of 2016/2017 that was distributed into five classes. By purposive sampling technique, it was chosen students of VIII B and VIII C class as samples. The research data were obtained by test of mathematical representation skill. The result of data analysis showed that the problem based learning did not affects the students mathematical representation skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Mataram tahun ajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam lima kelas. Dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII B dan VIII C sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, eksperimen semu


Full Text:

PDF

References


Afrilianto, Muhammad dan Rosyana, Tina. 2014. Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 02, Hlm. 45-53. [Online]. http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/12/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf. [28 juni 2016]

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. New York: The Mc Graw-Hill companics, slnc.

Astuti, Dyana 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Jurusan PMIPA Unila.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representai pada Siswa SLTP. Disertasi UPI. [Online]. http://repository.upi.edu. [1 Juli 2016].

Kurniawati, Indri. 2012. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis dan Self Concept Siswa. Skripsi. Jurusan PMIPA Unila.

Mullis, Martin, M.O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston, Virginia.

Pannen, P. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI.

Sabirin, Muhammad. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Representasi Matematis Siswa SMP. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu/id/eprint/8048. [28 Juni 2016].

Sari, Intan Permata. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Belief Siswa. Skripsi. Jurusan PMIPA Unila.

Thobroni, Muhamad dan Mustofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Mengembangkan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Arruzz Media.

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Badan Pengem-bangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. http://p4tkmatematika.org. [28 Juni 2016].

Yuliana. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Belief Siswa. Skripsi. Jurusan PMIPA Unila.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.