DESAIN DIDAKTIS MATEMATIKA MELALUI METODE SOCRATES KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
This research was motivated by the emergence of barriers to learning students on the materialof sequence and series. The research began interviews with teachers of mathematics acquired (1) students had difficulties to understand the concept of sequence and series, and (2) students' learning obstacle to solve problems of sequence and series. The didactical design conceived to overcome learning difficulties in students, making students' anticipation range of possible responses. This research aimed to (1) formulate didactic design of sequence and series with Contextual Socratic method, and (2) find out the results of the implementation of the didactic design towards students' critical thinking skills. This research used a qualitative method from Research and Development. The technique of collecting data were observation, interviews, and tests. The subject of research was students of MTsN 2 Pesawaran. The data were analyzed descriptive qualitatively. This research resulted learning design of sequence and series that was developed in the lesson plan. Based on the implementation of didactic design of sequence and series can be concluded that this didactic design is one alternative of instructional design to facilitate critical thinking skills.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya hambatan belajar siswa pada materi barisan dan deret. Penelitian diawali dengan wawancara terhadap guru matematika diperoleh (1) siswa kesulitan memahami konsep barisan dan deret, dan (2) siswa kesulitan menyelesaikan soal barisan dan deret. Desain didaktis disusun untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa, dengan membuat antisipasi berbagai kemungkinan respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) merumuskan desain didaktis materi barisan dan deret dengan metode Socrates Kontekstual, dan (2) mengetahui hasil implementasi desain didaktis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa MTsN 2 Pesawaran. Data dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa rancangan pembelajaran barisan dan deret yang dikembangkan dalam rencana pembelajaran. Berdasarkan implementasi desain didaktis barisan dan deret dapat disimpulkan bahwa desain didaktis ini merupakan salah satu alternatif desain pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis.
Kata kunci: berpikir kritis, desain didaktis, kontekstual, socrates
Full Text:
PDFReferences
Bloomer, M. 1991. Curiculum Making In Post, 16 Education: The Social Condisions Of Studentship. London: Routledge.
Cotton K. 1991. Teaching Thinking Skills. [Online]. http://www.ames.spps.org/sites. (15 Agustus 2015).
Dick. W, Carey. L. dan Carey. 2001. The Systematic Design of Intruction. Addison: Wesley Educational Publisher Inc.
Facione, A. P. 1994. Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. San Francisco: California Academia Press.
Gokhale, Anuradha A. 1995. Colaborative Learning Enhances Critical Thinking. [Online]. http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTE/v7n1/gokhale.jtev7n1.html. (13 Juli 2015).
Ismaimuza. D, 2013. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNTAD, Palu. Hlm 375-378.
Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
Scriven, M. 2009. Defining Critical Thinking: A Draft Statement For the National Courcil For Excellence in Critical Thingking. [Online]. http://www.criticalthingking.org/aboutCT/definingTC.shtml. (26 September 2015).
Suherman dan Kusumah. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.
Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Common Teks Books). Bandung: JICA UPI.
Suryadi, Didi. 2009. Model Antisipasi dan Situasi Didaktis pada Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. Bandung: FPMIPA UPI.
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademedia Group.
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Methode Socrates Terhadap Kemampuan dan Disposisi Berfikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.