PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Astina Astina, Caswita Caswita, Sri Hastuti Noer

Abstract


This study aimed to develop the student worksheet and find out the effectiveness of student worksheet developed. The type of research is the Research and Development with the procedure which was developed by Borg and Gall, but only carried out until main product revision. The subjects of this research were students of grade VII in SMP Negeri 1 Way Panji. The data gain of communication skill was obtain by pretest and posttest and analyzed by N-gain test. The result of research showed that the calculation of the N-gain was in medium category and level of student mastery learning over the ideal percentage of completeness (75%).

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dan mengetahui efektivitas LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan prosedur yang dikembangkan oleh Borg and Gall, tetapi hanya dilakukan hingga tahap revisi hasil uji lapangan terbatas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Way Panji dengan karakteristik kemampuan komunikasi peserta didik tingkat menengah ke atas. Data peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik diperoleh melalui pretes dan postes dan analisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan N-gain tergolong kategori sedang dan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik melebihi persentase ketuntasan ideal (75%).

Kata kunci: komunikasi matematika, LKPD, team accelerated instruction


Full Text:

PDF

References


Albania, I. N. 2010. Menulis Matematika Menggunakan Sistem Aljabar Komputer dengan Setting Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kecerdasan Emosi. Tesis. Bandung: UPI.

Ansari, Bansu. 2009. Komunikasi Matematik: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Bagus, A. 2006. Pembelajaran dalam Kelompok Kecil dengan Teknik Probing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Ngamprah). Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Baroody, A. J. 2007. Mathematical Communication in Malaysian Bilingual Classroom. Japan: Konferensi.

Borg and Gall. 2003. Educational Research. New York :Pinan- cing. Washington: The Word Bank.

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Effendi, Onong Uchana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Prak- tek. Bandung: Rosdakarya

Enjang, A. S. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

Idris, N. 2009. Enhancing Student Understanding in Calculus Trough Writing International. Electronic Journal of Math ematic Education. Vol. 4, (1), 36-55.

Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

Reksoadmodjo, Tedjo Narsoyo. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Shadiq, Fadjar. 2008. Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika SMK. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.