PENGEMBANGAN LKPD PBL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada Problem Based Learning dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Banjit tahun pelajaran 2015/2016. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI AK. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan prosedur Borg & Gall, diawali dengan melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, mengembangkan jenis/bentuk produk awal, melakukan uji coba tahap awal, melakukan revisi terhadap produk utama, melakukan uji coba lapangan kemudian melakukan revisi terhadap produk operasional. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis. Data diperoleh melalui catatan lapangan, wawancara, validasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran menggunakan LKPD kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa terlihat dari munculnya semua indikator kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis.
Kata kunci: disposisi matematis, berpikir kritis, PBL
Full Text:
PDFReferences
Arends. 1997. Classroom Instruction and Management. USA: the Mc. Graw-Hill Companies.
Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Bruner, J. 1990. Acts of Meaning. Cambridge: Havard University Press.
Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.
Depdiknas. 2006. Panduan Umum Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.
Ennis, R. H. 2000. A Super-Streamlined Conception of Critical Thinking. [Online]. http://www.criticalthinking.net/SSConcCTApr3.html. [22 Desember 2015].
Facione. 1997. Concept Journaling to Increase Critical Thinking Dispositions and Problem Solving Skills in Adult Education. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 4, No. 1. [Online]. http://www.hraljournal.com. [16 Juni 2015].
Gagne, R. & Briggs, L. J. 1979. Principle of Instructional Design. New York: Holt Rinchart and Winstone.
Herman, T. 2005. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Disertasi. Bandung: UPI.
Johnson. 2002. Development of Mathematiccs Learning Media A Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skiil and Character of Junior High School Students. [Online]. http://www.ijern.com/journal/2014/November2014/44.pdf. [07 Juni 2015].
NCTM. 1991. Evaluation of Teaching: Standard 6: Promoting Mathematical Disposition. [Online]. http://www.fayar.net/east/teacher.web/math/Standards/previous/ProfStds/EvTeachM6.htm. [09 Juni 2015].
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Slavin, R. E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn and Bacon
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disampaikan pada seminar di FPMIPA, UPI.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.