EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Septi Nurlaili, Arnelis Djalil, Sugeng Sutiarso

Abstract


Gallery walk is one of type of cooperative learning model which its learning use a media to show the conceptual problem to each other group. This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of gallery walk in terms of students mathematical conceptual understanding. This research used the pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of eighth grade in Junior High School 2 Metro in academic year of 2015/2016 that were distributed into 8 classes. The samples of this research were students of VII-F and VII-H classes which were chosen by purposive sampling. The result of research showed that the implementation of cooperative learning model of gallery walk wasnt effective in terms of students mathematical conceptual understanding.

Gallery walk merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang pembelajarannya menggunakan media dinding untuk menunjukkan konsep dari masalah kepada kelompok lainnya. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe gallery walk ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 2 Metro tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII-F dan VIII-H yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe gallery walk tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, gallery walk, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

________. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. B. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kertayasa, Ketut. 2015. Indonesia PISA Center, WNA: Mathematic Web for PISA. [Online]. http://www.indonesiapisacenter.com/2014/03/tentang-website.html?m=1. (12 Februari 2016).

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suherman, H. E. dan Turmudi, H. 2003. Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTEP JICA.

TIMSS. 2011. International Results in Mathematics. [Online]. http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/download/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. (27 Januari 2016).

Zulkardi. 2003. Realistic Mathematics Education (RME) atau Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Makalah Semiloka Nasional 2021 Agustus 2003. Palembang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.