EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Reza Selvia, M. Coesamin, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of problem based learning model in terms of students understanding of mathematical concepts. The design of this research was posttest only control design with the population was all students of grade 7th of SMP Kartika II-2 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 and the samples of this research were students of VII 2 and VII 3 class that were taken by purposive sampling technique. The data of understanding of mathematical concepts were obtained by test. The result of this research concluded that the implementation of problem based learning model was effective in terms of students understanding of mathematical concepts and more effective than conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest-only control design dengan populasinya seluruh siswa kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/ 2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII 2dan VII 3 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa dan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach: Overview of Student Centered Constructivist Models of Teaching. NewYork: The McGraw Hill Companies, Inc.

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kilpatrick, J., Swafford, J., and Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: National Academy Press.

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus What 15 Years Old Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 31 Oktober 2015].

Oktavia, Ria. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlotul Quran Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar matematika 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02. [Online]. [https://jurnaljpi.wordpress.com. diakses pada 29 September 2015].

Surtyani. 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika (Studi pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.