EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Devi Anggraini, Pentatito Gunowibowo, Haninda Bharata

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of MMP type in terms of students mathematical representations skill. The population of this research was all students of grade 7th of Junior High School 3 Natar in academic year of 2015/2016 which were distributed into five classes, then it was taken two classes as the sampel by purposive random sampling. Based on the research results, it was concluded that the cooperative learning model of MMP type wasnt effective in terms of students mathematical representations skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe MMP ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam lima kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe MMP tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.

Kata kunci: kemampuan representasi matematis, MMP, pembelajaran kooperatif


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fadillah, Syarifah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Disertasi. Bandung: UPI.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi. Bandung: UPI.

Murni, Atma. 2012. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif dan Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skill. Disertasi. Riau: Universitas Riau.

Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. [Online]. [http://edukasi.kompas.com. diakses pada 4 November 2015].

NCTM. 2007. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM, Inc.

OECD. 2013. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 4 November 2015].

Suherman, Eman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA-UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.