EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Fitri Fatmawati, Sri Hastuti Noer, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of group investigation type viewed by students mathematical problem solving skill. The design which was used was posttest only control design with the population was all students of grade eight of Junior High School TMI Roudlotul Quran Metro in academic year of 2014/2015. The research samples were students of VIIIC and VIIID class that were determined by purposive random sampling. The data of mathematical problem solving skill were obtained by essay test. Based on the result of data analysis, it was concluded that the implementation of cooperative learning model of group investigation type was effective viewed by students mathematical problem solving skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP TMI Roudlotul Quran Metro tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, group investigation, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Aini, Miftahul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Menggunakan LKS Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Gerung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah. [Online]. [http://indojm.com. diakses pada 20 Januari 2016].

Anggraini, L., Siroj, R. A., Ilma, R. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 1. Universitas Sriwijaya. [Online]. [http://ejournal.unsri.ac.id. diakses pada 10 Januari 2015].

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maharani, Swasti. 2010. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aspek Psikomotorik pada Siswa Kelas VIII MTsN Karangmojo Imagetan Tahun Ajaran 2010/2011. [Online]. [http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id. diakses pada 20 Januari 2016].

Novandro, Beny. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. [Online]. [http://jurnal.fkip.unila.ac.id. diakses pada 20 Januari 2016].

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do With What They Know. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 24 Juni 2015].

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.