PENGARUH GAYA STRADLE TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DWI HURIGI PADA BELADIRI TAEKWONDO
Sari
This study aimed to determine the effect of exercise to increase the speed of the straddle style of dwi hurigi kick in taekwondo athletes of Harper King School Lampung. The method used in this research was experimental. The population in this study were taekwondo athletes of Harper King School Lampung. The samples used were 24 athletes. Data retrieval technique to dwi hurigi kick speed was using stop watch. The results showed that there was a significant effect of exercise straddle style against the increasing of dwi hurigi kick speed of 1.04667, while the control group did not show any significant effect on the increasing of dwi hurigi kick speed control group amounted to 0.2225. The conclusion from this study was the straddle style exercises a significant influence, while the control group did not have a significant influence in increasing the dwi hurigi kick speed.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan gaya straddle terhadap peningkatan kecepatan tendangan dwi hurigi pada atlet taekwondo harper king school lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah atlet taekwondo harper king school lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 24 atlet. Teknik pengambilan data untuk kecepatan tendangan dwi hurigi menggunakan stop watch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan gaya straddle terhadap peningkatan kecepatan tendangan dwi hurigi sebesar 1,04667 sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan peningkatan kecepatan tendangan dwi hurigi kelompok kontrol sebesar 0,2225. Kesimpulan dari penelitian ini adalah latihan gaya straddle memberikan pengaruh yang signifikan sedangkan kelompok kontrol tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kecepatan tendangan dwi hurigi.
Kata kunci : kecepatan tendangan dwi hurigi, latihan gaya straddle, pengaruh.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi ke-V. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi ke-VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Dahar, R.W. 1996. Teori Teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharno. 1993. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta. Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta : Bumi Aksara
Syarifudin. 1997. Pokok Pokok Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, H. 2010. Materi Pokok belajar Motorik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Yudiana, Y. 2010. Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##