PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA
Sari
This research purposed to determine the difference between cooperative learning model and direct instructional model to the breaststroke swimming skills of the students at the eleventh class of SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. The method used in this research was experimental method based on the calculation and analysis data from the the breaststroke swimming skills test through a cooperative learning model increased 33,3%. Similarly, the average breaststroke swimming skills with direct instructional model increased 37,3%. The conclusion of this research indicated that the direct instructional is better than the cooperative learning model for breaststroke swimming skills of the students at SMA Al-Kautsar Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatife dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada Pada Siswa Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dari tes pengukuran pada penelitian ini adalah rata-rata keterampilan renang gaya dada melalui model pembelajaran kooperatif meningkat sebesar 33,3%. Demikian pula rata-rata keterampilan renang gaya dada dengan model pembelajaran langsung meningkat sebesar 37,3%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Perbandingan Model Pembelajaran Langsung lebih baik dibandingkan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada Pada Siswa Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung.
Kata kunci : pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, renang
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto. S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Arikunto. S. 2006. Dasar-dasar Penelitian. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Husdarta dan Yudha. 2000. Modul Pembelajaran Penjaskes. Jakarta : PT. Nusantara.
Joyce dan Well. 2011. Metodologi Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Nurhasanah. 2000. Instrumen Penelitian. Malang : PT. Raja Garindo Persada.
Rosdiani. D. 2012. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.
Slameto. 2010. Modul Pembelajaran Penjaskes. Jakarta : Sinar Cipta.
Solihatin. E. 2011. Cooperative Learning. Jakarta : Bumi Aksara.
Surakhmad. 1982. Metodologi Penelitian. Jakarta : Surya Cipta.
Sumadi. S. 1983. Metode Pembelajaran Efektif. Jakarta : Agrindo.
Suranto. 1994. Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : Alfabeta.
Tile. 2011. Model Pembelajaran. Malang : Surya Cipta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##