MOTIVASI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP

Thomas Wahyu Widya Sanjaya, Marta Dinata, Ade Jubaedi

Sari


This study aimed to determine the motivation of students at SMP Negeri 1 Sukoharjo in following the football extracurricular activities. The subjects included 36 people who where the students of class VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo which registered join football extracurricular. The method used in this research was survey method with data collection technique using the enclosed questionnaire. For the data analysis in this study was using percentage descriptive analysis. The results showed that motivation class VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo in following extracurricular activities as much as 19.44 % of football is very high category, 25 % higher category, 22.22 % lower category, and 33.33 % very low category. It can be concluded that the percentage of eighth grade students motivation SMP Negeri 1 Sukoharjo who follow football extracurricular activities are still very low and far from the expected.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya motivasi siswa SMP Negeri 1 Sukoharjo dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola. Subyek penelitian berjumlah 36 orang yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo yang terdaftar mengikuti ekstrakulikuler sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket tertutup. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakn analisis dekriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola sebanyak 19,44% kategori sangat tinggi, 25% kategori tinggi, 22,22% kategori rendah, dan 33,33% kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persentase motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukoharjo yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola masih sangat rendah dan jauh dari yang diharapkan.

Kata kunci : ekstrakulikuler, motivasi siswa, sepakbola.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hadi, S. 2000. Metodologi research. Untuk penulisan paper, skripsi, thesis dan disertasi. Yogyakarta. Gama.

Hamalik, O. 1992. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi.

___________. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi.

Purwanto, N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sucipto. 2000. Sepakbola Departemen Pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo