PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN BERPASANGAN TERHADAP GERAK DASAR SEPAKSILA PERMAINAN SEPAKTAKRAW

Yandri Arif, Surisman Surisman, Ade Jubaedi

Sari


This study aimed to determine how much influence between groups and paired learning model for basic motor skills in the game sepaksila sepaktakraw in class V MI Ismaria Al-Qur'aniyyah Bandar Lampung. The method used was a comparative experiment. Population was 40 students. Data collection technique was using basic motion tests sepaksila in the game of sepaktakraw. The results showed that there was a significant relationship between group learning model and paired learning model against sepaksila basic motion in sepaktakraw games where paired learning model was paired more influential and more improving basic motor skills. The conclusion of the study is learning model was giving more significant effect on the group learning model for basic motion sepaksila.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara model pembelajaran kelompok dan berpasangan terhadap keterampilan gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw pada siswa kelas V MI Ismaria Al-Quraniyyah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen komparatif. Populasi berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kelompok dengan model pembelajaran berpasangan terhadap gerak dasar sepaksila dalam permainan sepaktakraw dimana model pembelajaran berpasangan lebih berpengaruh dan lebih meningkatkan kemampuan gerak dasar. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran berpasangan lebih berpengaruh signifikan dari pada model pembelajaran kelompok terhadap gerak dasar sepaksila.

Kata kunci : berpasangan, gerak dasar, model pembelajaran kelompok, sepaksila, sepaktakraw.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukadiyanto. 2010. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV Lubuk Agung.

Surya Bayu. 2010. ARENA Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo