PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR SERVIS SEPAKTAKRAW

Agus Yudiansyah, Surisman Surisman, Suranto Suranto

Sari


The purpose of the study was to find out which is more influential among pairs of group learning and skills service to the students of class V sepaktakraw 2 Long Elementary School North. Methodology of research is Methodology experimental. Population of 36 students and the samples were taken using a total sampling technique. Data collection techniques using basic motor skills test sepaktakraw service. After the initial tests and the final effect of group and paired learning model to servicing skills using data analysis techniques t-test. The results showed that no significant effect of group and paired learning model to serve sepaktakraw basic movement skills in class V Long Elementary School 2 North.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui manakah yang lebih berpengaruh antara pembelajaran kelompok dan berpasangan terhadap keterampilan servis sepaktakraw siswa kelas V SD Negeri 2 Panjang Utara. Metodologi yang digunakan adalah Metodologi eksperimen. Populasi berjumlah 36 siswa dan sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan gerak dasar servis sepaktakraw. Setelah tes awal dan akhir pengaruh model pembelajaran kelompok dan berpasangan terhadap keterampilan servis menggunakan teknik analisis data uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kelompok dan berpasangan terhadap keterampilan gerak dasar servis sepaktakraw pada siswa kelas V SD Negeri 2 Panjang Utara.

Kata kunci : berpasangan, gerak dasar, model pembelajaran kelompok, servis.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi ke-VI. Jakarta : Rineka Cipta.

________________. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2001 Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Hellison. 1995 Pembelajaran Berpasangan. Jakarta: Balai Pustaka.

Husin, Sudirman. 2008. Falsafah Pendidikan Jasmani. Disajikan dalam Seminar Lokakarya Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandar Lampung.

Kagen, Spencer. 1993 Model Pembelajaran. Jakarta : Indeks

Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Direktorat Jendral Olahraga. Depdiknas.

Robert, E. Slavin. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta : Indeks

Satori, Djama’an. 2008. Profesi Keguruan. Universitas Terbuka. Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Suhud, Muhamad. 1991. SepakTakraw. Jakarta: Balai Pustaka.

Tamat dan Mirman Muekarto. 2005. Pendidikan Jasmani. Universitas Terbuka. Bandar Lampung.

Tarigan, Herman. 2009. Pengetehuan Umum Olahraga. Universitas Lampung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo