PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR DAN KETERSEDIAAN SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR

Revi Firnando, Riswanti Rini, Ade Jubaedi

Sari


This research aims: to determine the effect of students perceptions about teaching methods and the availability of learning in school on learning outcomes Physical Education eighth grade students at MTs 1 Kotabumi. This reseach was clasified as descriptive verification with ex post facto and surveys approach. Population in this research is 189 students and sample 128 student(5 classes) where taken by Slovin formula. Data analysis technique is using Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression. The result of research showed: (1) There is an influence of students perceptions about teaching methods on physical education learning outcomes. (2) There is an influence of the availability of school learning on physical education learning outcomes. (3) There is an influence students perceptions of teachers teaching methods and the availability of school learning on physical education learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar Penjasorkes siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Kotabumi. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 189 siswa dan sampel 128 siswa (5 kelas) di ambil dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Multiple.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap hasil belajar penjasorkes. (2) Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar penjasorkes. (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar penjasorkes.

Kata kunci : hasil belajar, metode, persepsi, sarana.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Dimiyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta

Soepartono. 2000. Sarana Olahraga.[online].Tersedia: Dwi Kuncoro. http://tegartia.wordpress.com/2009/11/22/sarana-dan-prasarana/Tanggal 4-02-2014/21:04

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo