HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
Sari
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor instrinsik pada diri siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Sukadana tahun 2013/2014 mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dan dalam kategori tinggi (72,27%) sedangkan faktor ekstrinsik juga mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi pula (67,19%). Tingginya pengaruh faktor intrinsik terhadap motivasi siswa disebabkan siswa telah memiliki derajat kesehatan yang sangat tinggi (80,46%), selain itu mereka juga telah memiliki perhatian yang tinggi pada mata pelajaran pendidikan jasmani (72,56%), memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani (68,59%), serta memiliki bakat dalam bidang olahraga yang tinggi (66,98%). Sedangkan tingginya pengaruh faktor ekstrinsik disebabkan karena metode mengajar guru memiliki variasi yang tinggi (73,52%), alat pelajaran pendidikan jasmani yang ada memiliki inovasi dan tingkat kelengkapan yang tinggi (61,30%), waktu pelajaran memiliki kesesuaian dengan kondisi siswa yang sedang (59,51%) serta kondisi lingkungan memiliki dukungan yang tinggi (70,74%).
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2004. Penyusunan
Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Darsono. Max dkk. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: IKIP
Depdikbud. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta
Dimiyati & Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi dan Depdikbud
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hadi, Sutrisno. 1990. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset
. 2001. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Antariksa Natawidjaya, Rochman. 1979. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Mutiara Sardiman A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rajawali Pers
Singarimbun, Masri. dan Effendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Subardjah, Herman. 2000. Psikologi Olahraga. Jakarta: Depdiknas
Sudradjat SW, 1985. Statistika Nonparametrik. Bandung: CV Armico
Suryabrata, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisi
Tri Anni, Catharina dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Semarang Press
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##