PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPASANGAN DAN BERKELOMPOK TERHADAP KETERAMPILAN OLAHRAGA SENAM

Ricky Putra Alit, Frans Nurseto, Suranto Suranto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan gerak dasar senam sikap kayang melalui model pembelajaran berpasangan (reciprokal teaching) dan kelompok (group teaching) terhadap keterampilan gerak dasar senam sikap kayang pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti, pelatih, dan guru penjaskes dalam mengembangkan model pembelajaran bagi siswa-siswi sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-B yang berjumlah 30 orang.
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dari tes pengukuran pada penelitian ini adalah : Rata-rata keterampilan gerak dasar senam sikap kayang melalui model pembelajaran berpasangan meningkat sebesar 36.800 demikian pula rata-rata keterampilan gerak dasar senam sikap kayang dengan model pembelajaran kelompok meningkat sebesar 27.300 Hasil analisis uji beda ternyata keterampilan gerak dasar senam sikap kayang menggunakan model pembelajaran berpasangan lebih meningkat signifikan dari pada model kelompok maupun kontrol (tanpa perlakuan).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan gerak dasar senam sikap kayang menggunakan model pembelajaran berpasangan (reciprokal teaching) lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kelompok (group teaching) pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Terbanggi Besar.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. PT Rineka Cipta. Jakarta

Ahmadi, A. 1990. Diktaktik Metodik. CV Toha. Semarang.

Syaiful, Djamarah Bahri dan Zain Aswan. 1996. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Lutan, Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud. Jakarta.

Lutan, Rusli dan Toho Cholik M. 1996/1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam. Direktorat Jenderal Olahraga: Jakarta.

Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Untuk SMA Kelas X. PT. Yudistira. Jakarta.

Sugiyanto dan Agus Mahendra. 1998. Dasar – Dasar Belajar Gerak. Depdikbud. Jakarta.

Supandi. 1991. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Sumardi S. 1983. Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Universitas Lampung. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung. Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo