PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERPASANGAN DAN BERKELOMPOK TERHADAP KETERAMPILAN OLAHRAGA SENAM
Sari
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang diperoleh dari tes pengukuran pada penelitian ini adalah : Rata-rata keterampilan gerak dasar senam sikap kayang melalui model pembelajaran berpasangan meningkat sebesar 36.800 demikian pula rata-rata keterampilan gerak dasar senam sikap kayang dengan model pembelajaran kelompok meningkat sebesar 27.300 Hasil analisis uji beda ternyata keterampilan gerak dasar senam sikap kayang menggunakan model pembelajaran berpasangan lebih meningkat signifikan dari pada model kelompok maupun kontrol (tanpa perlakuan).
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan gerak dasar senam sikap kayang menggunakan model pembelajaran berpasangan (reciprokal teaching) lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kelompok (group teaching) pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Terbanggi Besar.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. PT Rineka Cipta. Jakarta
Ahmadi, A. 1990. Diktaktik Metodik. CV Toha. Semarang.
Syaiful, Djamarah Bahri dan Zain Aswan. 1996. Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Lutan, Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud. Jakarta.
Lutan, Rusli dan Toho Cholik M. 1996/1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam. Direktorat Jenderal Olahraga: Jakarta.
Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Untuk SMA Kelas X. PT. Yudistira. Jakarta.
Sugiyanto dan Agus Mahendra. 1998. Dasar – Dasar Belajar Gerak. Depdikbud. Jakarta.
Supandi. 1991. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Sumardi S. 1983. Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Universitas Lampung. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##