Meningkatkan kemampuan renang gaya dada dengan mengunakan alat bantu pelampung pada anak usia dini

Elza Saniar, Lungit Wicaksono, Candra Kurniawan, Dwi Priyono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan alat bantu pelampung untuk meningkatkan kemampuan renang gaya dada pada peserta bina renang AANTASENA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta bina renang AANTASENA sebanyak 20 orang. Dalam penelitian ini mengambil sampel dengan teknik pengambilan sampel total sampling sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa renang gaya dada dengan jarak 25 meter. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data, dan pengujian hipotesis, maka diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) Ada pengaruh latihan menggunakan alat bantu pelampung untuk meningkatkan kemampuan renang gaya dada pada peserta bina renang AANTASENA, dengan nilai thitung = 12,515 > ttabel = 2,262, 2) ada pengaruh latihan tanpa menggunakan alat bantu pelampung untuk meningkatkan kemampuan renang gaya dada pada peserta bina renang AANTASENA, dengan nilai thitung = 1,809 < ttabel = 2,262, 3) Latihan menggunakan alat bantu pelampung lebih efektif dibandingkan dengan latihan tanpa menggunakan alat bantu pelampung dalam meningkatkan kemampuan renang gaya dada pada peserta bina renang AANTASENA.

Kata Kunci: alat bantu pelampung, kecepatan, renang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Muri Yusuf. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenamedia Group, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Endry Kurniawan, Aghus Sifaq. 2018. Pengaruh Latihan Menggunakan Alat Bantu Hand Paddle Terhadap Kecepatan Berenang Atlet Putri 100 Meter Gaya Bebas. Jurnal Prestasi Olahraga Vol 1, No 4.

Farizal Imansyah, & Akbar Tanjung. 2020. Analisis Kecepatan Renang Gaya Bebas Pada Atlet Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS). Jurnal Penjaskesrek, 7(1), 188-203

Harsono. 2015. Kepelatihan olahraga. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Hendawati, Y., Putri, S. U., Pratomo, S., & Widianingsih, F. 2018. Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 113–124. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9498

Ishak, M. 2018. Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap Pembentukan Daya Tahan. Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan, vol. 03, no. 1, 11-14

Narlan, Abdul dan Ari Priana. 2017. Didaktik Metodik Pembelajaran Renang. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

Solihin, O. A. & Sriningsih. 2016. Pintar Belajar Renang. Alfabeta, Bandung.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik PendidikanPT.Raja Grafindo, Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, Bandung.

Sukadiyanto. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. CV. Lubuk Agung, Bandung.

Tofikin, dkk. 2019. Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Rokania 4 (2), 209- 219.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##

Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo