EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU

Wiwid Wahyu Ningsih, Akor Sitepu, Herman Tarigan

Sari


This study aims to improve the basic motion style straddle high jump in class X-7, SMA Negeri 5 Metro City academic year 2012/2013 by using tools that materials or material submitted by the teacher will be more readily accepted and absorbed by students. The method used is the method of classroom action research (PTK) or also known as CAR (Classroom Action Research), the sample used is a class X-7, SMA Negeri 5 Metro City, amounting to 36 students. The results showed that there is an improvement and effectiveness of student learning outcomes using the tools.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 5 Kota Metro tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan alat bantu sehingga bahan ajar atau materi yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah diterima dan diserap oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga CAR (Classroom Action Research), sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 5 Kota Metro yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dan efektivitas dari hasil belajar siswa menggunakan alat bantu. 

Kata kunci : alat bantu, efektivitas, gerak dasar, pembelajaran, straddle


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A, Carr Gerry. 2000. Atletik untuk Sekolah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Hidayat, Iman. 1986. PembelajaranEfektif. Bandung : FPOK IKIP Bandung.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta : Depdikbud Direktorat Jenderal Tinggi.

__________. 2000. PerencanaanPembelaajaraPenjaskes. Jakarta :Depdikbud.

Mahendra. 2008. Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung : CV. Alfabeta.

Muhajir, Noeng. 1996/1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). IKIP Yogyakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Pamungkas. 2000. PedomanEjaanBahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD). Surabaya :Giri Surya.

Rahyubi. 2012. Gerak dan Keterampilan. Jakarta : PT. Gramedia.

Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya. 2007. Proses Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.

Soedarminto. 1993. Gerak dalam Pendidikan Jasmani. Bandung : Rosdakarya.

Soekamto dan Winataputra. 1996/1997. Model Pembelajaran. Surabaya : Giri Surya.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian. Bandung : Rosdakarya.

Surisman. 1997. Dasar-dasar Statistika. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Wiyono. 2011. Buku Ajar Atletik dan Metodik Penjaskes. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Yusuf, Tayar. 1985. Alat Bantu Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo