Analisis Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani di Pondok Pesantren
Sari
Abstract
This study aims to describe the level of implementation of physical education learning in the Askhabul Kahfi Islamic boarding school Semarang City and the Muallimin Muhammadiyah Islamic Boarding School Yogyakarta. This research is a research using qualitative and descriptive quantitative data analysis which aims to determine the level of implementation of physical education learning. Research data collected through interviews, observations, and documentation, the results of this study found that the implementation of Physical Education and Health has been going well at the Askhabul Kahfi Islamic Boarding School in Semarang City, and for the process aspect of Physical Education learning at the Mu'alimin Muhammadiyah Islamic Boarding School Yogyakarta, it is in the category quite good.
Keywords: implementation, physical education, Islamic boarding school.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di pondok pesantren Askhabul Kahfi Kota Semarang dan Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan menggunakan analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani. Data penelitian yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa implementasi penjasorkes sudah berjalan dengan baik di pondok pesantren Askhabul Kahfi Kota Semarang, dan untuk aspek proses pada pembelajaran Pendidikan Jasmani di Pondok Pesantren Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori cukup baik.
Kata Kunci: keterlaksanaan, pendidikan jasman, pondok pesantren.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##