Pengembangan Model Latihan Kayang Bagi Anak Sekolah Dasar Kelas 1, 2 dan 3

Septo Randika, Rahmat Hermawan, Fransiskus Nurseto, Ade Jubaedi

Sari


The aim to be achieved in this research and development is to produce a model of kayang training for early childhood children. This research uses the Research & Development (R&D) method of (Borg and Gall, 1983: 775). The subjects in this study were early childhoods who took part in the IDOLA gym. Product effectiveness test is based on the assessment of gymnastics, learning, and linguists. The value obtained is 82.4 which is declared valid and is suitable for use. The value obtained is 82.4 which is declared valid and is suitable for use. Based on the results of the development it can be concluded: (1) The product produced from this research and development is in the form of a kayang exercise guide book for early childhood (2) This kayang training model can improve mastery of kayang skills for early childhood, (3) As a contribution to education, especially in the field of gymnastics.

 

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan kayang bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari (Borg and Gall, 1983:775). Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini yang mengikuti sanggar senam IDOLA.

Uji efektifitas produk yaitu berdasarkan penilaian ahli senam, pembelajaran, dan ahli bahasa. Nilai yang didapatkan adalah 82,4 yang dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan : (1) Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah berupa buku panduan latihan kayang bagi anak usia dini (2) Model latihan kayang ini dapat meningkatkan penguasaan keterampilan kayang bagi anak usia dini, (3) Sebagai sumbangan bagi ilmu pendidikan khususnya bidang senam.

 

Kata Kunci : Kayang, Latihan, Model


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bompa, T. (2009). Periodization Theory and Methodology of Training. United States: Human Kineti.

Borg, R., & Gall, M. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2004). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Depdiknas.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mahendra. (2000). Senam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Margono. (2009). Senam. Surakata: UNS Press.

Rink, E. (2010). Teaching Physical Education for Learning, 6th edition. New York : McGraw-Hill Co, Inc.

Roji. (2006). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Widiastuti. (2014). Belajar Keterampilan Gerak. Jakarta : FIK Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo