PENGARUH MODEL CIRCUIT TRAINING DAN FARTLEK TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI

Irawan Saputra, Rahmat Hermawan, Ade Jubaedi

Sari


Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk mengetahui pengaruh model circuit training dan fartlek terhadap tingkat kebugaran jasmani. kebugaran jasmani diukur dengan tes TKJI. Hasil uji one way ANOVA yang telah dilakukan menunjukan bahwa uji-F signifikan pada kelompok uji, ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 7.855 yang lebih besar daripada F(2,27) sebesar 3.35 ( Fhitung(7.855) > Ftabel(3.35) ), diperkuat dengan nilai P = 0.002 lebih kecil daripada nilai kritik α=0.05 atau P(0.002<0.05).

This study used an experimental method to determine the effect of circuit training and fartlek models on the level of physical fitness. Physical fitness was measured by a test TKJI. One way ANOVA test results that have been done show that the F-test significant in the test group, is shown by the 7855 Fcount greater than F (2,27) at 3:35 (F value (7855)> F (3:35)), reinforced with a value of P = 0.002 is smaller than the critical value of α = 0.05 level or P (0.002 <0.05).

Kata kunci : pengaruh, circuit , fartlek, kebugaran jasmani


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdullah, Arma dan Manadji, Agus. 1994. Dasar- Dasar Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Jakarta.

Ichsan, M. 1988. Pendidikan Kesehatan dan Olahraga. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Depdikbud Dirti PPLPTK. Jakarta.

Lutan, Rusli, dkk. 2002. Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan Di Sepanjang Hayat. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR. Jakarta

Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2003. Buku Materi Pokok : Statistika Dasar. Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-Prinsip dan Penerapannya. Depdiknas Ditjen OR. Jakarta.

Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani. 2000. Buku Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga. Depdiknas. Jakarta.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Penerbit: Alfabeta. Bandung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suharjana. 2004. Kebugaran Jasmani. FIK UNY. Yogyakarta.

Sujana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Tim Penyusun Kamus Bahasa Pusat. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka. Jakarta.

Universitas Lampung. 2007. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo