TIRE MEDIA TO IMPROVE JUMP SMASH SKIILS BADMINTON GAME UP

Gilang Ipen Sunyoto, Herman Tarigan, Candra Kurniawan

Sari



The purpose of this study was to determine the effect of tire rubber training on the results of smash jumps on badminton games, but the ability of smash jumps was still low. The method used is CAR (Class Action Research) through with as many as three cycles of research with 30 students. The technique of collecting data is a scale observation skill of smash jumping. The results of the study showed that in the first cycle, it is 72 of the calculation with effectiveness of 30.91% meant that the action had not been effective. In the second cycle, it is 77.33 with the calculation of the effectiveness of 40.6%; it means that the action has not been effective. In the third cycle, 92.67 with a calculation of effectiveness of 68.49%. The conclusion from the results of the study is that by using more rubber tire media it will be more effective, then the jump smash skill in the fifth grade of Tulung Agung 2 Elementary School, in the game of badminton increases.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas latihan karet ban terhadap hasil smash loncat permainan bulutangkis  masih rendahnya kemampuan smash loncat. Metode yang dipakai penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sebanyak tiga siklus subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala observasi keterampilan smash loncat. Hasil penelitian menunjukan pada siklus pertama sebesar 72 dengan perhitungan tingkat efektivitas 30,91 % yang berarti tindakan belum evektif. Pada siklus kedua sebesar 77,33 dengan perhitungan efektivitas 40,6 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus ketiga sebesar 92,67 dengan perhitungan efektivitas sebesar 68,49 %. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut bahwa dengan menggunakan media karet ban lebih banyak maka akan lebih efektif, maka keterampilan smash  loncat pada kelas V SD Negeri 2 Tulung  Agung, dalam permainan bulutangkis meningkat.

Kata Kunci : Bulutangkis, Media Karet Ban, Permainan, Smash Loncat


Teks Lengkap:

Untitled (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Roji. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hidayat Yusuf dan Rahmat Alit. 2004.Permainan Bulutangkis Bandung: FPOK UPI Bandung.

Kamus Bahasa Pusat. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusataka.

Kurikulum 2013.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukaan.

Republik Indonesia. Undang-undang Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. UU No.3 Tahun 2005.

Sujana, Nana. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Subarjah, Herman. 2001. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran, Bulutangkis. Konsep dan Metode. Jakarta: Dirjen Olahraga.

Sugiarto, Icuk. 2002. Total Badminton. Jakarta: Setyaki Eka Anugrah.

Surisman. 2007. Statistika Dasar. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Herman. 2019. Belajar Gerak Dan Aktivitas Ritmik Anak-Anak. Metro Lampung: Hamim Grup.

Sudjana. 1992. Metode Statitika. Edisi kelima. Bandung: Tarsito.

Jurnal Pendidikan Progresif. Bandar Lampung: Unit Database dan Publikasi Ilmiah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo