Hubungan Pengetahuan Ilmu Faal Olahraga dengan Motivasi Berprestasi Pada Guru SD Penjasorkes
Sari
The purpose of this study are 1) to find out the relationship between physical science knowledge and achievement motivation on elementary school teachers in West Lampung. 2) To find out how much a significant relationship between knowledge of physical physiology and achievement motivation of primary school teachers in West Lampung . The research method used in this research is survey method. The subjects of this study were penjasorkes teachers throughout the western part,in the total of 44 penjasorkes teachers. The procedure for collecting data used is questionnaire. Based on the results of data analysis, the correlation coefficient = 0.424 with sig. = 0,000; p <0.05. So that the proposed hypothesis is accepted, it can be said that there is a very significant positive relationship between physical science knowledge and achievement motivation. The conclusion of this study is that knowledge of physical physiology has a very close relationship with the knowledge of achievement motivation in elementary school teachers in the West Lampung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ilmu faal olahraga dengan Motivasi berprestasi pada guru SD penjasorkes se-Kabupaten Lampung Barat. 2) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan segnifikan antara penegetahuan ilmu faal olahraga dengan motivasi berprestasi guru SD penjaorkes se-Kabupaten Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey method .Subjek penelitian ini adalah guru penjasorkes se-lampung barat yang berjumlah 44 guru penjasorkes. Prosedur pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi = 0,424 dengan sig.= 0,000; p < 0,05. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima, dapat dikatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pengetahuan ilmu faal olahraga dengan motivasi berprestasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Pengetahuan ilmu faal olahraga miliki hubungan yang sangat erat dengan pengetahuan motivasi berprestasi pada guru SD penjasorkes se-Kabupaten Lampung Barat.
Kata kunci : ilmu faal olahraga, motivasi berprestasi
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi.
Depdiknas 2005. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online].Tersedia://www.depdiknas.Go.id/. Diakses tanggal 12 Desember 2018.
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamzah. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lutan, Rusli. 2000. Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Yudistira.
Nova, Anggriawan. Peran fisiologi olahraga dalam menunjang prestasi. PPS. UNY. Vol 11. oppaanggriawan@yahoo.com. Diakses tanggal 17 Juli 2018.
Pearce, Evelyn. 2008. Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rusman, Tedi. 2015. Statistika Penelitian Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Ruko Jambusari 7A.
Santrock, J.W. 2007. Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. AFABETA.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##