Peningkatan Pembelajaran Roll Kip Menggunakan Alat Bantu Tongkat Dan Teman

Jhody Nala Fraya, Rahmat Hermawan, Suranto Suranto

Sari


The researcher aims to improve the learning of kip roll by using a stick and friend aids for grade V students of SD Negeri 1 Sukarame. Researchers used the classroom action research method. The research subjects were male students of grade V SDN 1 Sukarame, which are 30 children. Data analysis was carried out by reflecting the results of observation and evaluation of the learning process, where in the first cycle the percentage of child completeness was 36.7%, then increased in cycles II and III by 60% and 86.7%. So, that based on the results of the study, it can be concluded that there is an increase in the learning of roll kip of the fifth grade students of SD Negeri 1 Sukarame by using a stick and friends.

peneliti bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran roll kip dengan menggunakan alat bantu tongkat dan teman pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame. peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa putra kelas V SD Negeri 1 Sukarameyang berjumlah 30 anak. Analisis data dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi danevaluasi terhadap proses pembelajaran, dimana pada siklus I persentase ketuntasan anak sebesar 36,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dan III yaitu sebesar 60% dan 86,7 %. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pembelajaran roll kip siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame dengan menggunakan alat bantu tongkat dan teman.
 
Kata kunci: alat bantu teman, alat bantu tongkat, roll kip


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ary, Budhi Prasetya. 2016. Pengembangan Media Alat Bantu Kayang Pembelajaran Senam Lantai. Universitas Negeri Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations vol 5 (3).

Brick, Lynne. 2001. Bugar dengan Senam Aerobik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djarwanto P S, dan Subagyo, Pangestu. 2005. Statistik Induktif. Edisi Kelima.Yogyakarta : BPFE.

Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide To Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Kemmis, Taggart. (1992). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK.

Muhajir. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Depdikbud Dirjen Dikti.

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Schmidt, Richard A. 1991. Motor Learning and Performance. Champaign. Human Kinetics Books. Publisher. Inc.

Simanjuntak Victor G, Kaswari, dan Eka Supristna. 2008. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo