Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Menggunakan Alat Bantu Pada Siswa SMPN 3 Kotabumi
Sari
This research is a classroom action research (CAR). Sources of research data is a class VIIIA, SMP 3 Kotabumi totaling 34 students. Data analysis techniques in this research is to observe the learning outcomes breaststroke swimming during nine meetings (three cycles). The results of this study describe their positive improvement on each cycle. The first cycle show meaningful results in the students, the percentage of study has not been reached, only 24,47% or 9 students who have achieved mastery learning. The second cycle students who achieve mastery learning increased to 15 students. The third cycle showed an increase in the percentage of mastery learning as many as 21 students who achieve mastery learning. It can be concluded that each cycle is given effect to the increased percentage of successful basic motion breaststroke swimming students.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian adalah siswa kelas VIIIA, SMPN 3 Kotabumi yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengamati hasil belajar renang gaya dada selama 9 kali pertemuan (3 siklus). Hasil penelitian ini mendeskripsikan adanya peningkatan positif pada setiap siklusnya. Siklus pertama menunjukkan hasil yang berarti pada siswa, persentase belajar belum tercapai, hanya 24,47 % atau 9 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Siklus kedua siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 15 siswa. Siklus ketiga menunjukan peningkatan persentase ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Dapat disimpulkan bahwa setiap siklusnya yang diberikan, memberikan pengaruh terhadap peningkatan persentase keberhasilan gerak dasar renang gaya dada siswa.
Kata kunci: alat bantu, hasil belajar, renang gaya dada.
Teks Lengkap:
XML (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hardjodipuro, Siswoyo. 1997. Action Research Sintesis Teoritik. Jakarta : IKIP Jakarta.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas: Guru sebagai Peneliti.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Bandung: Erlangga.
Rayandra Asyhar, M.Si (2011), Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, GP. Press, Jakarta
Subagyo, Pangestu. 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: BPFE.
Sudrajat. 2008. “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran”. http://akhmadsudrajad. wordpress. com/2008/09/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##