Upaya Meningkatkan Teknik Dasar Lay-Up Permainan Bola Basket Melalui Alat Modifikasi Garis-Garis dan Bola Banyak

Andri Kurniawan, Akor Sitepu, Lungit Wicaksono

Sari


The purpose of the study was to describe the results of the basic techniques of basketball lay-up learning through many balls and lines on eighth grade students of SMP 19 Bandar Lampung. The method used in this study is Classroom Action Research. Subjects in the study were eighth grade students totaling 30 students. This study uses a Class Action Research approach with research procedures covering planning, acting, observation, and reflecting as much as 2 cycles. The results of the study showed that the application of modification in learning could improve the learning outcomes of basketball lay-up for students at SMP 19 Bandar Lampung. From the results of the analysis obtained there is an increase in conditions from the beginning to cycle 1, and cycle II. From the study of all aspects of learning obtained the percentage of completeness of the results of learning the basketball lay-up in the initial conditions (0%). Cycle I (50%) and cycle II (86.67%).

Tujuan penelitian adalah untuk medeskripsikan hasil pembelajaran teknik dasar lay-up bola basket melalui bola banyak dan garis-garis pada siswa kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian meliputi planning, acting, observation, dan reflecting sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lay-up bola basket pada siswa SMPN 19 Bandar Lampung. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan kondisi dari awal ke siklus 1, dan siklus II. Dari penelitian seluruh aspek pembelajaran diperoleh prosentase ketuntasan hasil belajar lay-up bola basket pada kondisi awal (0%). Siklus I (50%) dan siklus II (86,67%).

 

Kata kunci : garis-garis, lay-up, modifikasi alat


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bahagia, Yoyo. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangandan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain. Jakarta: Prenada Media Group

Elliot. 1982. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Gagne dan Berli, 1984. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud

Hakim, Thursin.2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta. Puspa Swara

Hamalik, Oemar.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Kemis dan Grundi. 1982. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Group.

Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud.

Oliver, Jhon. 2007. Dasar-dasar Bola Basket. Bandung: Pakar Raya Pustaka

Utami, Munandar. 1996. Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Peraturan Resmi Bola Basket. 2010. PeraturanPemain Bola Basket. Universitas Lampung. Lampung

Santoso, Nurhadi. 2009. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sodikun, Imam. 1992 . Olaharag Pilihan Bola Basket. Jakarta: Depdikbud.

Sitepu, Akor. 2016. Peraturan Permainan Bola Basket. Universitas Lampung.

Surisman. 2007. Penilaian Hasil Pembelajaran. Universitas Lampung.

Tarigan, Herman. 2010. Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga. Universitas Lampung. Lampung

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Wissel, Hal. 2000. Bola Basket: Langkah Untuk Sukses Jakarta: PT Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo